Memasak Asam Pedas Ikan Dingkis

Pratiwi - Kamis, 12 Januari 2023 14:21 WIB
null

BATAM (sijori.id) - Imlek sebentar lagi, saatnya musim Ikan Dingkis. Ikan Dingkis merupakan jenis ikan yang unik. Ikan yang banyak ditemui di perairan sekitar Kepri ini, hanya bertelur menjelang perayaan Imlek.

Ikan dingkis ini memiliki cita rasa yang enak. Jadi, dimasak apapun makin nikmat, apalagi masak asam pedas.

Bahan dan bumbu pendukung seperti cabai merah, terasi, bawang merah, dan bawang putih yang ditumbuk atau diblender sampai halus, kemudian ditumis hingga harum. Sehingga, aroma masakan yang dihasilkan juga bakal menggugah selera.

Asam pedas khas Melayu Kepri, biasanya dicampur cabai keriting kering.

Sebelum menumis bumbu, tumis terlebih dahulu bawang merah dan putih sehingga rasanya makin enak. Lalu, tambahkan sedikit kunyit supaya warnanya kekuningan dan menarik.

Adapun, saat menumis bumbu, jangan menggunakan minyak karena karakter ikan dingkis sudah mengeluarkan minyak. Untuk ikannya, walaupun tidak ada sisik ikan, tetap harus dibersihkan sampai bersih sehingga bau amis ikan berkurang. Lalu, ikannya diberikan irisan jeruk nipis atau lemon.

Selanjutnya, setelah bawang yang ditumis sudah kekuningan, masukkan bumbu halus. Aduk sampai wangi, lalu masukan air asam jawa dan ikannya.

“Asam jawanya dibeli di Belakangpadang. Orang Batam suka asam jawa dari Belakangpadang.

Takaran air asam jawanya tergantung selera. Gunanya untuk untuk memperkaya rasa sehingga tercipta rasa asam, asin, manis, dan pedas. Biarkan sampai mendidih lalu tambahkan gula, garam, dan merica. Ikan asam pedas siap disajikan. (*)

RELATED NEWS