Membeli Rumah Ala Dave Ramsey

Pratiwi - Rabu, 22 November 2023 13:24 WIB
Dave Ramsay

Penulis buku terlaris dan pembawa acara radio keuangan Dave Ramsey sering berbicara tentang beberapa langkah finansial penting yang harus dilakukan orang sebelum membeli rumah.

Menurut Ramsey, tips paling utama untuk dilakukan saat membeli rumah adalah kondisi keuangan yang sudah bebas utang. Termasuk hutang kartu kredit, paylater, cicilan mobil dan sebagainya.

Selanjutnya Ramsey juga berpendapat bahwa pembelian rumah dengan kredit contohnya KPR bisa diterima karena artinya seseorang sedang membangun ekuitas di properti tersebut sebagai bagian dari pembayarannya.

Sebelumnya, menurut Ramsey penting bagi calon pembeli untuk menabung selama tiga hingga enam bulan untuk dana darurat sebelum memberi rumah. Hal ini untuk memberikan kunci keamanan finansial jangka pendek.

Baru-baru ini, seorang wanita meminta nasihat Ramsey dalam menyeimbangkan kebutuhan tabungan darurat dengan pertimbangan keuangan lainnya, termasuk keinginannya untuk terjun ke bidang real estat.

Kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah. Ramsey Solutions mencatat beberapa kata yang diucapkan keduanya selama percakapan.

"Dear Dave," kata wanita itu, memperkenalkan dirinya sebagai Debbie. “Suami saya dan saya hanya memiliki US$12 ribu yang harus dilunasi sebelum kami bebas utang. Kami telah melunasi utang hampir US$70 ribu dalam dua tahun terakhir, dan kami berdua baru saja berusia 50 tahun.”

“Kami ingin segera membeli rumah, tapi kami tahu kami membutuhkan dana darurat,” lanjutnya. “Kami membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk mengumpulkan dana darurat, jadi seiring bertambahnya usia, haruskah kami melakukan penyesuaian pada langkah-langkah kecil?”

Ramsey mempertimbangkan pertanyaan itu dan memberikan pendapatnya.

“Anda telah membuat kemajuan besar, dan Anda jelas memiliki penghasilan yang bagus untuk bisa melunasi utang secepat itu,” ujarnya. “Tetapi Anda tidak perlu waktu dua tahun untuk mengumpulkan dana darurat, mengingat tingkat pembayaran utang Anda.” lanjut Ramsey.

Ramsey menjelaskan bahwa dia yakin dana darurat itu diperlukan, namun menyarankan cara agar dana tersebut terlihat lebih bisa dicapai.

“Ya, Anda memerlukan dana darurat sebesar tiga hingga enam bulan dari pengeluaran yang disisihkan sebelum Anda mulai menabung uang muka rumah,” katanya. “Mungkin dalam kasus Anda, Anda bisa lebih condong ke dana darurat tiga bulan. Kemudian, setelah Anda semua pindah, Anda bisa meninjau kembali dana darurat dan menambahnya hingga enam bulan.”

Ramsey mengakhiri pembicaraan dengan beberapa kata penyemangat.

"Lima puluh bukanlah usia yang tua, Debbie," katanya. "Tetaplah di jalur dan ikuti rencana. Kalian berdua punya banyak waktu untuk mengatur keuangan dan menemukan rumah yang bagus!" (*)

Editor: Pratiwi
Tags Dave Ramsey Bagikan

RELATED NEWS