Mengintip Honda Motocompacto e-Scooter, Sekuter Seukuran Koper

Pratiwi - Rabu, 04 Oktober 2023 22:36 WIB
Motocompacto e-Scooter

CALIFORNIA (sijori.id) - Honda pada 3 Oktober 2023 lalu perkenalkan Honda Motocompacto e-Scooter, versi terbaru dari skuter motocompact mereka di Amerika Serikat. Kendaraan listrik ini menawarkan mobilitas yang praktis dengan desain ultra-kompak yang dapat dilipat dan emisi yang rendah.

Inspirasi untuk desain skuter listrik ini berasal dari model Honda Motocompo yang pertama kali muncul pada tahun 1980-an. Lini produk honda ini dikembangkan oleh tim insinyur Honda di Ohio dan California, dan disebut sebagai pendekatan inovatif untuk transportasi pribadi berbasis listrik. Motocompacto e-Scooter disebut Honda telah memperoleh 32 paten.

Selain berfokus pada pengurangan emisi karbon, Motocompacto e-Scooter juga dirancang untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara. Hal tersebut dihadirkan dengan memberikan kursi yang nyaman, pijakan kaki yang aman, portabilitas yang memungkinkan untuk dibawa di dalam pesawat, fitur-fitur seperti speedometer digital dan pengukur daya, serta pegangan untuk menjinjing motor ini yang didesain agar ergonomis.

Project Lead and Design Engineering Unit Leader at Honda Development and Manufacturing of America, Nick Ziraldo menjelaskan lebih lanjut, Motocompacto menggunakan rangka dan roda aluminium yang diberi perlakuan panas yang kuat, lampu depan dan lampu belakang LED yang terang, reflektor samping, dan lingkaran kunci baja yang dilas pada penyangga yang kompatibel dengan sebagian besar kunci sepeda.

Skuter listrik ini memiliki panjang 38,1 inci, tinggi 35 inci, lebar 17,2 inci, tinggi tempat duduk 24,5 inci, dan berat 41,3 pon. Saat dilipat, dimensinya menjadi panjang 29,2 inci, tinggi 21,1 inci, dan lebar 3,7 inci.

Selain itu, skuter listrik ini memiliki kapasitas daya baterai sebesar 6.8Ah dan memiliki waktu pengisian baterai selama 3,5 jam dengan daya 110v. Skuter ini memiliki kecepatan maksimum 24 km per jam dengan kapasitas jarak maksimum yang dapat ditempuh sejauh 19 km.

“Oleh karena itu, Motocompacto sangat cocok digunakan untuk berkeliling kota hingga berkeliling lingkungan kampus,” tulis Honda dalam keterangan resminya.

Vice President of the R&D Business Unit American Honda Motor Co., Inc., Jane Nakagawa menyebutkan Motocompacto merupakan salah satu keunikan strategi elektrifikasi Honda untuk mendukung netralitas karbon serta mewujudkan transportasi tanpa emisi.

“Kendaraan ini merupakan sebuah aspek yang menyenangkan, inovatif dan tak terduga,” ujar Nakagawa.

Honda sendiri sedang berupaya mencapai tujuan globalnya yaitu nihil dampak lingkungan pada tahun 2050 melalui pendekatan "Triple Action to Zero", termasuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan, pemanfaatan 100% energi terbarukan, dan sirkulasi sumber daya.

Selain itu, Honda juga berkomitmen untuk memanfaatkan bahan ramah lingkungan dengan mendaur ulang produk menjadi bahan mentah dan menggunakan kembali bahan-bahan tersebut dalam produksi produk baru. Untuk mencapai tujuan tersebut, Honda akan berusaha menjadikan kendaraan listrik baterai-listrik dan sel bahan bakar mewakili 100% penjualan mobil di pasar Amerika Serikat dan global pada tahun 2040. (*)

RELATED NEWS