Mengintip Mobil Dinas Presiden RI, MV3 Garuda Limousine

Pratiwi - Minggu, 20 Oktober 2024 14:50 WIB
null

JAKARTA (sijori.id) - Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akan menggunakan MV3 Garuda Limousine sebagai kendaraan dinas resmi mereka. Dari penampilan luarnya, mobil ini tampak tangguh dengan nuansa militer yang kental.

Kendaraan ini adalah hasil karya PT Pindad, yang merupakan pengembangan dari model MV3 sebelumnya. Desainnya dirancang langsung di bawah arahan Presiden Prabowo Subianto.

PT Pindad juga telah mengungkapkan detail spesifikasi MV3 Garuda Limousine, yang akan mendukung mobilitas Presiden dan Wakil Presiden. Berbeda dengan mobil dinas sebelumnya yang berwarna hitam, kendaraan ini tampil unik dengan warna putih.

Menurut PT Pindad, MV3 Garuda memiliki perlindungan sekaligus kenyamanan premium. Dengan bobot 2,95 ton, mobil ini memiliki panjang sekitar 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter.

Ditenagai mesin bertenaga 199 dk yang dilengkapi transmisi otomatis 8-percepatan, kendaraan ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 100 km/jam, meskipun angka tersebut cukup rendah untuk ukuran mobil.

Tampilan MV3 Garuda Limousine begitu berkesan dengan desain serba kotak. Mulai dari bagian depan dengan lampu utama, grill, jendela, hingga pintu, spion, dan bagian belakang dengan tulisan "Garuda". Velg krom berukuran 21 inci mempermanis kaki-kaki kendaraan ini.

Bodinya dilengkapi lapisan composite armor yang tahan terhadap amunisi caliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan caliber 5,56 x 45 mm M193. Selain itu, kaca mobil memiliki perlindungan anti peluru level B5/B6. Ban dengan teknologi Run Flat Tyre (RFT) juga memungkinkan mobil tetap berjalan meski ban bocor.

Di dalam kabin, skema warna cokelat mendominasi dengan konfigurasi dua bangku di bagian belakang. Fitur-fitur modern seperti layar monitor multimedia, AC digital, kamera 360, dan mode berkendara turut melengkapi kenyamanan perjalanan. (*)

RELATED NEWS