Menlu RI Lobi Serbia untuk Impor Gandum

Pratiwi - Selasa, 24 Mei 2022 17:52 WIB
Menlu Sepakat Akan Tingkatkan Impor Gandum Dari Serbia

JAKARTA (sijori.id) - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Serbia, Nikola Selakovic untuk membahas peningkatan ekspor terutama gandum. Dalam pertemuan tersebut, keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang perdagangan. Indonesia ingin melakukan impor gandum dari Serbia.

"Untuk itu, kami sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan pada komoditas pertanian atau pangan, terutama gandum," jelas Retno keterangannya dalam Joint Press Statement Menlu RI, Senin, 23 Mei 2022.

Retno menambahkan bahwa BUMN Indonesia, PT Berdikari (Persero) telah bersedia untuk memfasilitasi ekspor gandum dari Serbia ke Indonesia. Retno belum merinci berapa jumlah volume gandum yang akan diimpor, namun menjelaskan kerja sama Indonesia dengan Serbia menunjukkan tren positif.

Seperti yang diketahui sebelumnya, India melarang ekspor gandum ke negara-negara lain per 13 Mei 2022 lalu. Hal ini dilakukan India imbas dari suhu panas ekstrim yang melanda negeri tersebut. Suhu panas ekstrim ini juga mengganggu produksi dan menimbulkan ketidakstabian harga di dalam negeri India.

Selain itu India ingin mengamankan stok pangan mereka dengan menutup keran ekspor gandum. Hasilnya harga gandum melonjak, harga tertinggi gandum terjadi pada 17 Mei 2022 lalu, menjadi US$1277.50 per bushel.

Menteri Urusan Pangan India, Sudhanshu Pandey mengatakan pelarangan ekspor gandum diharapkan bisa membantu menekan harga dalam negeri. Kebijakan ini juga bisa mendorong stok gandum yang seharusnya diekspor dialihkan ke pihak yang membutuhkan di pasar domestik India. (*)

Tags gandumserbiaBagikan

RELATED NEWS