Motor Honda yang Menggunakan Ranga eSAF

Pratiwi - Rabu, 23 Agustus 2023 17:54 WIB
Honda Genio.

JAKARTA (sijori.id) — Motor Honda memiliki rangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Rangka eSAF sejatinya merupakan inovasi terbaru dari Honda. Rangka terbuat dari baja ini diklaim lebih kuat dan lebih ringan dibanding rangka keluaran sebelumnya.

Hal tersebut membuat akselerasi motor menjadi lebih lincah. PT Astra Honda Motor (AHM) kali pertama memperkenalkan rangka baru untuk motornya pada 2019. Honda Genio menjadi yang pertama memakai eSAF, demikian seperti dikutip dari TrenAsia, jejaring media sijori.id.

Karakteristik Rangka eSAF Honda

Kemunculan perdana desain rangka eSAF diklaim revolusioner untuk motor matik kelas entry saat itu. Bobot eSAF disebut lebih ringan 8 persen dibanding model biasa yang menggunakan tabung atau pipa yang dipotong.

Embrio eSAF berasal dari pelat baja yang ditekan dengan alat press, kemudian disatukan dengan teknik las menggunakan laser. eSAF Sekilas mirip seperti bangunan struktur atau platform mobil ketika tengah dirakit.

Bobot yang ringan otomatis mengurangi bobot kendaraan. Motorcycle Operations Monozukuri Center Genio Styling Designer Kaori Kaneko mengatakan eSAF dirancang ringan dan tangguh. “Meski memiliki bobot lebih enteng, frame ini memiliki ketangguhan yang sangat baik,” klaimnya.

Rangka eSAF juga memiliki keunggulan utilitas dan ruang yang lebih maksimal. Hal itu seperti peningkatan kapasitas tangki bensin dari 4 menjadi 4,2 liter. Ruang bagasi di bawah jok juga mencapai 14 liter.

Jenis Motor Honda dengan Rangka eSAF

Honda Genio

Genio menjadi produk perdana dari AHM yang memakai rangka eSAF. Motor matik entry leve itu diluncurkan pada pertengahan tahun 2019.

Honda BeAT dan BeAT Street

BeAT dan BeAT Street menjadi produk kedua dari AHM yang menggunakan rangka eSAF. Matik ini diluncurkan pada awal tahun 2020.

Honda Scoopy

Setelah Genio dan BeAT, giliran Honda Scoopy yang menggamit rangka eSAF. Skutik bergaya retro ini diluncurkan jelang akhir tahun 2020.

Honda Vario 160

Vario 160 menjadi satu-satunya matik Honda non-entry level yang memakai rangka eSAF. Motor ini kali pertama diperkenalkan ke pasar Indonesia pada awal tahun 2022.

(*)

Tags eSAFBagikan

RELATED NEWS