Mudik Lebaran 2024, Silakan Memanfaatkan 2 Ruas Tol Kutepat yang Baru Dibuka

Pratiwi - Kamis, 04 April 2024 22:18 WIB
Gerbang tol Sinaksak (hutamakarya.com)

JAKARTA (sijori.id) - PT Hutama Karya (Persero) melalui anak usahanya, PT Hutama Marga Waskita (Hamawas), mengoperasikan dua ruas jalan tol Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) secara fungsional mulai dari H-6 atau 4 April 2024 sampai dengan H+6 atau 16 April 2024.

Dua ruas jalan tol yang dibuka secara fungsional adalah Tebing Tinggi-Sinaksak sepanjang 45 km, serta ruas Indrapura-Kuala Tanjung sepanjang 9 km dibuka secara fungsional situasional.

Direktur Utama PT Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin, menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai instansi, terutama Polda Sumatera Utara dan pemerintah daerah terkait, untuk mengoperasikan secara fungsional Ruas Tebing Tinggi-Sinaksak dan secara situasional Ruas Indrapura-Kuala Tanjung guna mendukung arus mudik Lebaran 2024.

“Kami juga memperhatikan kesiapan perambuan dan kondisi jalan, agar pengendara merasa aman selama perjalanan melintasi tol fungsional ini,” kata Didin dalam keterangan resminya, pada Kamis, 4 April 2024.

Didin menjelaskan fungsional Tebing Tinggi-Sinaksak akan diberlakukan secara gratis dan dua arah, dengan syarat bahwa pengendara harus melakukan tapping di Gerbang Tol Dolok Merawan atau Gerbang Tol Sinaksak tanpa dikenakan biaya sama sekali, atau dengan biaya sebesar Rp0.

Biaya yang akan terpotong mencakup biaya perjalanan dari gerbang tol awal di mana pengendara melakukan tapping masuk sampai dengan interchange Indrapura.

Ini disebabkan oleh penerapan integrasi tertutup di Jalan Tol Medan Raya (termasuk Ruas Binjai-Langsa, Ruas Medan-Binjai, Ruas Belawan-Tanjungmorawa, Ruas Jasa Marga Kualanamu-Tebing Tinggi, Tebing Tinggi-Indrapura, Ruas Indrapura-Limapuluh, dan Ruas Tebing Tinggi-Sinaksak) di mana pengendara melakukan pembayaran saat berada di gardu gerbang tol tempat ingin keluar.

Sementara, Ruas Indrapura-Kuala Tanjung yang merupakan kelanjutan dari Tol Tebing Tinggi-Indrapura, akan diterapkan fungsional situasional satu arah dengan memperhatikan tingkat kepadatan lalu lintas.

Secara teknis, PT Hutama Marga Waskita sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk Jalan Tol Tebing Tinggi-Sinaksak telah melakukan koordinasi dan menyelesaikan pekerjaan yang menjadi prioritas fungsional untuk musim mudik lebaran 2024 ini, harapannya dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik tahun ini.

Untuk mendukung fungsional tahun ini, Hamawas menyiapkan 4 personel Kendaraan Siaga Layanan Lalu Lintas (KSLL), 12 personel untuk patroli, 8 personel untuk tim penyelamatan, 18 personel untuk derek, 11 tim patroli jalan raya, 4 paramedis, dan 11 kendaraan untuk operasi dan layanan.

“Kami berharap dengan di dioperasikan secara fungsional, 2 ruas tol ini dapat memangkas waktu tempuh pengendara agar bisa segera bertemu dengan sanak keluarga serta mempermudah pasokan logistik pada lebaran tahun ini,” ungkap Dindin.

Fungsional kedua ruas ini hanya diperuntukkan bagi golongan I (termasuk sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus).

Hamawas mengingatkan semua pengendara untuk mematuhi batas kecepatan maksimum kendaraan sebesar 80 km/jam pada kedua segmen jalan tol yang dioperasikan, serta selalu memperhatikan rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan tol. Mereka juga disarankan untuk secara rutin memeriksa saldo kartu elektronik mereka guna menghindari antrean panjang di gerbang tol. (*)

Tags TolBagikan

RELATED NEWS