Muhammadiyah Rilis EdutabMU

Pratiwi - Selasa, 07 Juni 2022 15:33 WIB
Bersama LAZISMU, Majelis Dikdasmen Muhammadiyah terus mendorong peningkatan pendidikan di 2.668 sekolah melalui aplikasi belajar EdutabMU.

YOGYA (sijori.id) - Bekerjasama dengan LAZISMU, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah terus mendorong peningkatan pendidikan di 2.668 sekolah melalui aplikasi belajar Edukasi Tablet Muhammadiyah (EdutabMU).

EdutabMU ini menggunakan aplikasi Sekolah Enuma yang dikembangkan oleh Enuma, Inc. yang berbasis di California.

"Dalam aplikasi sekolah Enuma ini, siswa belajar mandiri dengan bimbingan guru dalam tiga bidang pembelajaran yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika," terang anggota Disdakmen Muhammadiyah Abdulah Mukti, Senin (6/6/2022).

Selain itu ada ratusan buku anak-anak yang dapat diakses melalui aplikasi ini, tanpa jaringan internet atau nir internet.

Program ini diluncurkan bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI pada 2021 yang meliputi 6 provinsi, 35 kabupaten, dan 47 sekolah dengan total penerima manfaat lebih dari 2.300 siswa.

Program EdutabMu tahap awal kemudian mendapatkan respons positif dari berbagai pihak; sekolah yang terlibat mengharapkan bahwa Aplikasi Sekolah Enuma dapat membantu meningkatkan capaian literasi dasar siswa dan meningkatkan brand image sekolah Muhammadiyah.

"Banyak sekali sekolah yang menghubungi kami dan memohon untuk diikutsertakan dalam program EdutabMu lanjutan," jelas Mukti.

Sebagai bentuk keberlanjutan program EdutabMu, LAZISMU dan Enuma kemudian menggandeng The HEAD Foundation (THF) yang bermarkas di Singapura untuk mendukung implementasi program melalui pemberian dana hibah sebesar SGD 400.000.

Wan Chang Da, Chief Operating Officer (COO) THF berharap dukungan yang diberikan untuk Lazismu untuk Sekolah Muhammadiyah akan membuahkan hasil positif yang akan mendorong lebih banyak donasi dan sponsor untuk membuat aplikasi Sekolah Enuma tersedia bagi lebih banyak anak.

Dengan kehadiran Program Edutabmu yang didukung oleh aplikasi Sekolah Enuma, diharapkan akselerasi pembelajaran dapat dilakukan dengan efektif dan efisien khususnya untuk mengantisipasi learning loss dan tentu saja meningkatkan pencapaian literasi dasar buat siswa sekolah Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

"Kami senang Sekolah Enuma dapat mendukung guru-guru untuk memberikan pembelajaran individual yang lebih baik untuk setiap siswa melalui pelatihan dan keterlibatan anak-anak dalam aplikasi kami. Sangat menggembirakan untuk melihat Muhammadiyah dan Lazismu memimpin gerakan inklusi digital di sekolah-sekolah," kata Sooinn Lee, CEO Enuma, Inc. (*)

Tags MuhammadiyahBagikan

RELATED NEWS