NASA Menunjuk Prada Merancang Pakaian Luar Angkasa yang Inovatif

Pratiwi - Minggu, 08 Oktober 2023 14:41 WIB
null

AMERIKA (sijori.id) - Dalam persiapan menuju misi Bulan yang dijadwalkan pada tahun 2025, NASA menunjuk rumah mode mewah Italia, Prada, untuk merancang pakaian luar angkasa yang inovatif.

Dilansir dari BBC Internsional, Jumat, 6 Oktober 2023, Kolaborasi y ini melibatkan Prada dan perusahaan swasta Axiom Space. Dalam siaran persnya, Axiom mengungkapkan bahwa Prada akan menggunakan keahlian mode mereka dalam bidang material dan manufaktur ke dalam proyek ini, dengan tujuan menciptakan pakaian luar angkasa yang lebih canggih dan fungsional.

Namun, jangan membayangkan pakaian antariksa Prada sebagai karya seni mewah gemerlap seperti yang biasa kita lihat di landasan catwalk. Fokus utama dalam perancangan ini adalah memenuhi semua persyaratan teknis dan keamanan yang ketat yang diperlukan dalam perjalanan luar angkasa yang keras.

Pakaian antariksa harus menjadi jas pelindung yang memungkinkan astronot bertahan di lingkungan yang sangat ekstrem di luar angkasa. Mereka harus menyediakan tekanan yang konstan, suplai oksigen yang andal, dan menjaga suhu tubuh astronot pada tingkat yang aman dan nyaman.

Salah satu tantangan terbesar adalah menjaga berat pakaian antariksa seefisien mungkin. Saat ini, setiap setelan antariksa memiliki berat sekitar 55 kilogram, sehingga setiap kilogram adalah faktor yang sangat penting dalam perjalanan luar angkasa.

Kolaborasi yang tidak lazim ini menggambarkan bagaimana dunia mode dan teknologi dapat bersatu untuk menghadirkan solusi inovatif dalam industri yang berbeda-beda. Dengan kombinasi keahlian dalam material dan manufaktur Prada serta pengetahuan teknis Axiom Space, NASA berharap mendapatkan pakaian antariksa yang lebih canggih dan andal yang akan mendukung para astronot dalam perjalanan mereka melampaui batas-batas luar angkasa. (*)

Tags pradaBagikan

RELATED NEWS