NLE Hemat Biaya Logistik hingga Rp191,3 Miliar, Batam Salah Satunya

Pratiwi - Rabu, 25 Januari 2023 06:12 WIB
Pelabuhan Batuampar, Batam | istimewa

JAKARTA (sijori.id) - Implementasi Ekosistem Logistik Nasional atau National Logistics Ecosystem (NLE) telah mencapai 14 pelabuhan laut nasional per akhir 2022.

14 pelabuhan tersebut yakni

  1. Pelabuhan Tanjung Priok,
  2. Tanjung Emas,
  3. Tanjung Perak,
  4. Belawan,
  5. Makassar,
  6. Batam,
  7. Balikpapan,
  8. Merak,
  9. Samarinda,
  10. Kendari,
  11. Dumai,
  12. Palembang,
  13. Pontianak,
  14. Lampung.

NLE sendiri merupakan kebijakan untuk meningkatkan efisiensi logistik nasional, dengan memastikan kelancaran pergerakan arus barang ekspor dan impor, maupun pergerakan arus barang domestik, baik antar daerah dalam satu pulau, maupun antar pulau.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dari sekitar 42 rencana aksi terkait NLE, sudah terlaksanak 90,5%per akhir 2022.

Menurutnya, keberhasilan implementasi NLE sangat ditentukan oleh integrasi dan simplifikasi sistem layanan di Pemerintah dan kolaborasi antara layanan G2G, G2B, dan B2B. Utilisasi layanan-layanan NLE yang telah dioperasikan apakah telah berdampak dan dirasakan manfaatnya oleh pelaku usaha/pengguna jasa, menjadi hal yang terpenting.

Selain upaya peningkatan partisipasi penyedia jasa logistik yang sudah terintegrasi ke dalam NLE, Menko Airlangga juga mendorong untuk dilakukan percepatan penyelesaian penataan zonasi terminal petikemas, sinkronisasi jalur kereta api dan petikemas di pelabuhan serta menyelesaikan permasalahan lintas K/L terkait implementasi dan pengembangan NLE.

“Sinergi dan kolaborasi adalah kunci, karena menjaga resiliensi ekonomi dan memastikan tercapainya target pertumbuhan ekonomi membutuhkan kerja sama dan kerja keras seluruh pemangku kepentingan. Dengan demikian, kolaborasi menjadi kunci keberhasilan implementasi NLE,” kata Airlangga.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menambahkan, NLE telah berkontribusi dalam mendukung proses logistik nasional. Melalui langkah terobosan pada layanan SSm Pengangkut, SSm Perizinan, dan SSm QC telah berhasil memangkas tahapan proses bisnis, mengurangi proses repetisi dan duplikasi dengan satu kali submission, serta mempermudah pengurusan layanan logistik pemerintahan.

Berbagai layanan NLE telah dibuktikan memiliki dampak yang sangat positif terhadap efisiensi atau penurunan biaya dan waktu. Salah satu layanan NLE yakni Single Submission Pabean Karantina (SSm QC) dalam proses pemeriksaan bersama (joint-inspection) antara Bea Cukai dan Karantina, berhasil mengefisiensi waktu hingga 22,37% dari seluruh proses serta menghemat biaya sebesar 33,48% atau mencapai Rp191,32 milyar. (*)

Tags pelabuhanBagikan

RELATED NEWS