OPEC Sepakat Kurangi Produksi Minyak Harian

Pratiwi - Senin, 05 Juni 2023 16:36 WIB

Sumber: middleeastmonitor.com

undefined

WINA (sijori.id) - Organisasi Negara Pengekspor Minyak Bumi atau Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC) akan mengurangi produksi minyak sukarela hingga 500 ribu barel perhari. Hal ini menjadi bagian dari kesepakatan OPEC+ untuk mengekang produksi minyak mentah. Menurut OPEC, para produsen minyak tengah menghadapi harga minyak yang lesu dan kelebihan pasokan yang menjulang.

Mengutip Reuters Senin, 5 Juni 2023, para Nggota OPEC, mencapai kesepakatan tentang kebijakan produksi setelah tujuh jam pembicaraan.

Mengutip dua sumber OPEC, para anggota sepakat akan mempertahankan perjanjian produksi yang ada untuk tahun 2023. Selain itu, organisasi juga akan melakukan pemotongan tambahan pada tahun 2024 jika garis dasar produksi baru untuk anggota, dari mana pemotongan dilakukan.

Perlu diketahui, OPEC memproduksi sekitar 40% minyak mentah dunia. Artinya, keputusan dan kebijakannya organisasi dapat berdampak besar pada harga minyak.

Perlu diketahui, sejak Jumat lalu, sumber dari OPEC, memberi bocoran bahwa pemotongan produksi tambahan dapat mencapai 1 juta barel per hari. Sebelumnya, OPEC mengatakan organisasi memberlakukan pemotongan produksi lainnya hingga yang ada sebesar 2 juta barel per hari dan pemotongan sukarela sebesar 1,6 juta barel per hari. Adapun pemotongan produksi yang diumumkan April telah berlaku pada Mei.

Atas pengurangan produksi yang dilakukan, harga minyak terdongkrak sekitar US$9 per barel lebih tinggi di atas US$87. Namun, harga tersebut segera susut di bawah tekanan dari kekhawatiran tentang pertumbuhan dan permintaan ekonomi global. Pada hari Jumat, patokan internasional Brent menetap di US$76.

Jika disetujui, pemotongan baru akan membuat total volume pengurangan menjadi 4,66 juta barel per hari, atau sekitar 4,5% dari permintaan global.

Pekan lalu, Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz mengatakan investor yang memperpendek harga minyak, atau bertaruh pada penurunan harga, harus berhati-hati. Ini ditafsirkan oleh banyak pengamat pasar sebagai peringatan pengurangan pasokan tambahan.

Barat Tuduh OPEC Manipulasi Harga Minyak

Atas aksi yang dilakukan OPEC, negara Barat menuduh OPEC memanipulasi harga minyak dan merusak ekonomi global melalui biaya energi yang tinggi. Barat juga menuduh OPEC berpihak pada Rusia meskipun ada sanksi Barat atas invasi Moskow ke Ukraina.

Sebagai tanggapan, orang dalam OPEC mengatakan pencetakan uang Barat selama dekade terakhir telah mendorong inflasi dan memaksa negara penghasil minyak bertindak untuk mempertahankan nilai ekspor utama mereka.

Negara-negara Asia, seperti China dan India, telah membeli bagian terbesar dari ekspor minyak Rusia dan menolak untuk bergabung dengan sanksi Barat terhadap Rusia.

Selama pertemuan hari Minggu, anggota OPEC yang paling berpengaruh dan produsen Teluk terbesar yang dipimpin oleh Arab Saudi mencoba membujuk negara-negara Afrika yang kurang berproduksi seperti Nigeria dan Angola untuk memiliki target produksi yang lebih realistis.

Nigeria dan Angola telah lama tidak dapat berproduksi sesuai dengan target mereka tetapi menentang garis dasar yang lebih rendah karena target baru dapat memaksa mereka untuk melakukan pemotongan produksi yang nyata.

Sebaliknya, Uni Emirat Arab menuntut garis dasar yang lebih tinggi sejalan dengan peningkatan kapasitas produksinya. Namun di sisi lain, itu bisa berarti bagiannya dalam pemotongan produksi secara keseluruhan mungkin berkurang. (*)

Tags OpecBagikan

RELATED NEWS