Pemerintah Cabut Subsidi Harga LPG dan BBM

Pratiwi - Senin, 19 September 2022 20:00 WIB
null

TUNISIA (sijori.id) - Mengutip Reuters Minggu, 18 September 2022, negara Tunisia mengumumkan kenaikan harga gas tabung untuk memasak atau LPG sebesar 14% serta bahan bakar minyak (BBM) sebesar 3%. Adapun kenaikan harga LPG dan BBM di negara itu merupakan bagian dari rencana pemerintah dalam memangkas anggaran subsidi energi yang diinginkan oleh pemberi pinjaman internasional Tunisia.

Kementerian Energi Tunisia mengatakan harga LPG di Tunisia akan naik dari yang sebelumnya 7.750 dinar menjadi 8.800 dina. Ini merupakan kenaikan pertama dalam 12 tahun.

Sementara, harga bensin akan dinaikkan pada Selasa, 20 September 2022 dari 2.330 dinar menjadi 2.400 dinar per liter. Adapun kenaikan harga BBM tersebut merupakan yang keempat kalinya pada tahun ini.

Tunisia memperkirakan defisit anggarannya akan meningkat menjadi 9,7% dari produk domestik bruto pada tahun 2022. Angka ini naik dari yang diperkirakan sebelumnya 6,7%, karena dolar yang lebih kuat dan peningkatan tajam dalam harga biji-bijian dan energi.

Negara Afrika Utara ini tampaknya tengah mengalami krisis keuangan terburuknya. Defisit neraca energi meningkat dua kali lipat menjadi 6 miliar dinar dalam delapan bulan pertama 2022 dibandingkan dengan 2,9 miliar dinar tahun lalu, didorong oleh dampak perang di Ukraina.

Karenanya, Tunisia sedang mencoba menyepakati program pembiayaan baru dengan Dana Moneter Internasional. (*)

Tags TunisiaBagikan

RELATED NEWS