Pemerintah Siapkan 6,7 Juta Set Top Box

Pratiwi - Sabtu, 27 November 2021 17:08 WIB
Sebagai persiapan migrasi ke tv digital, Pemerintah telah menyiapkan sebanyak 6,7 juta Set Top Box (STB)

JAKARTA (sijori.id) – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan, pemerintah telah menyiapkan sebanyak 6,7 juta Set Top Box (STB). STB ini rencananya akan langsung dibagikan kepada kelurga miskin yang masih menggunakan televisi analog.

Menurut Menkominfo, pembagian Set Top Box (STB) tersebut merupakan bentuk perwujudan Gerakan Analog Switch Off (ASO) agar pembagiannya berlangsung sesuai jadwal.

“Set Top Box ini kita perkirakan untuk keluarga kurang mampu sekitar 6,7 juta STB bagi 6,7 juta televisi yang dimiliki oleh rakyat kurang mampu. Untuk STB ini yang sedang kita siapkan agar 6,7 juta itu tersedia pada waktunya sesuai dengan tahapan Analog Switch Off (ASO) paling lambat 2 November 2022,” katanya seperti dikutip dari akun instagram @kominfodiy, Jumat (26/11/2021).

Melalui TV digital, lanjut Johnny, masyarakat akan mendapat manfaat berupa kualitas siaran dengan resolusi tinggi dan suara yang lebih jernih. Selain itu, pilihan saluran televisi yang bisa dinikmati juga tersedia lebih banyak.

Ketersediaan frekuensi setelah perubahan jenis siaran dari televisi analog ke digital salah satunya akan berdampak pada persiapan adopsi jaringan 5G di Indonesia. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan jaringan internet yang sangat cepat dengan 5G. (*)

Tags digitalBagikan

RELATED NEWS