Pemko Balikpapan Menggelar Balikpapan Fest 2022

Pratiwi - Rabu, 28 September 2022 16:48 WIB
Bertema Nusantara, Balikpapan Fest 2022 Kembali Digelar

BALIKPAPAN (sijori.id) – Pemerintah Kota Balikpapan kembali menggelar Balikpapan Fest 2022. Gelaran tahun ini mengangkat tema Nusantara. Di mana tema tersebut akan banyak hiburan dan kuliner yang bernuasa nusantara. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma menjelaskan bahwa kegiatan ini akan melibatkan berbagai stake holder. Dari orchestra, band lokal, pedagang kuliner, fashion bahkan pecinta kopi hingga paguyuban.

“Pecinta kopi akan disajikan rasa kopi dengan racikan Barista. Kemudian bagi pecinta mode akan menampilkan fashion show yang melibatkan keahlian desainer lokal Balikpapan,” ungkap Ratih Kusuma ketika Konferensi Pers Balikpapan Fest, Selasa, 27 September 2022.

Rencananya, Balikpapan Fest digelar di Dome pada 1-2 Oktober mendatang. Dan pembukaan Balikpapan Fest dibuka Wali Kota termasuk meninjau both UMKM dan kuliner.

Untuk Band, pihaknya masih membuka perndaftaran band lokal yang akan tampil baik umum maupun pelajar. “Masing-masing beda ya. Misalnya band mereka memiliki komunitas. Misalnya pelajar, umum kami menunggu sampai tanggal 30 September dibuka pendaftaran. Begitu kopi itu banyak penggemar sampai 70,” tuturnya.

Diangkatnya tema Nusantara, menurut Ratih, dengan pemindahan Ibu Kota Negara memberikan dampak yang signifikan khususnya pada perekonomian. Dan Nusantara ada memberikan rasa bahwa bangsa Indonesia memiliki berbagai suku dan budaya.

Sehingga tema ini sangat menarik untuk diangkat dalam Balikpapan Fest.

“Tak hanya itu, dalam waktu dekat juga memperingati hari batik, sehingga fashionnya nantinya juga nuansa batik nusantara,” tandasnya.

Untuk kegiatan Kuliner dan UMKM digelar di halaman Dome, Fashion Show di dalam gedung Dome, dan lomba Barista digelar di Plaza Balikpapan sedangkan Cof (Choral Orchestra Folklore) di gedung Kesenian. (*)

RELATED NEWS