Penampakan Snailfish

Pratiwi - Rabu, 05 April 2023 15:25 WIB
null

TOKYO (sijori.id) - Peneliti merekam penampakan ikan Snailfish yang mampu berenang hingga kedalaman 8,3 km di bawah permukaan laut. Ikan tersebut berenang di sebuah palung yang ada di Jepang.

Untuk mendapatkan rekaman ini, para peneliti Jepang menjatuhkan kamera pendarat otonom ke Palung Izu-Ogasawara yang berada di perairan Jepang. Mengutip BBC Rabu, 5 April 2023, kamera tersebut memfilmkan ikan siput yang diperkirakan berada pada kedalaman maksimum di mana ikan mana pun dapat bertahan hidup.

"Jika rekor ini dipecahkan, itu hanya akan terjadi dalam hitungan menit, berpotensi hanya beberapa meter," kata ilmuwan laut dalam Universitas Australia Barat, Alan Jamieson sebagaimana dikutip TrenAsia.com jejaring media sijori.id.

Sebelumnya, ikan dari spesies sama pernah ditemukan berenang di palung Mariana yang terletak di wilayah perairan Sulawesi dan Maluku. Ikan tersebut ditemukan berenang di kedalaman 8,1 km.

Dengan begitu, Snailfish yang berada di perairan Jepang memecahkan rekor sebagai ikan yang diketahui berhasil berenang paling dalam saat ini.

Perlu diketahui, Snailfish merupakan jenis ikan yang hidup di bagian terdalam lautan yang dikenal sebagai zona hadal. Zona ini berada pada kedalamannya mencapai 6.000 hingga 11.000 meter dan tidak ada cahaya yang menembus.

Jamieson berspekulasi bahwa ikan tersebut mampu bertahan hidup di kedalaman yang lebih dalam daripada yang ditemukan di Palung Mariana karena perairan Izu-Ogasawara yang sedikit lebih hangat.

"Kami memperkirakan ikan terdalam akan ada di sana dan kami memperkirakan itu adalah ikan siput," kata Jamieson. (*)

Tags snailfishsnail fishBagikan

RELATED NEWS