Pengaruh Cara Duduk dan Berdiri terhadap Keyakinan Diri

Pratiwi - Senin, 13 Februari 2023 15:21 WIB

Foto: San Diego Zoo

undefined

JAKARTA (sijori.id) - Apakah cara duduk atau berdiri benar-benar memengaruhi seberapa percaya diri seseorang? Ya! Ketika seseorang menunjukkan kepercayaan diri melalui bahasa tubuhnya, secara otomatis kita berasumsi bahwa mereka memiliki sesuatu untuk kita yakini. Hal ini juga akan membuat orang lain dengan senang hati akan memperhatikan dan mendengarkan mereka.

Dapatkan ruang seluas mungkin saat Anda duduk atau berdiri

Pikirkan tentang hewan-hewan yang membuat diri mereka terlihat kuat. Contoh seekor gorila akan berdiri dengan kaki belakangnya, seekor katak atau ikan mungkin menggembungkan dirinya aagr terlihat lebih besar. Mereka menemukan cara untuk terlihat lebih besar.

Semakin banyak ruang yang kita ambil, semakin terlihat percaya diri pula kita. Anda mungkin pernah melihat orang dengan duduk menyamping di kursinya atau bahkan mencoba mengambil alih dua kursi dengan merentangkan tangan di belakang kursi yang ebrdekatan. Ini adalah cara untuk mengambil lebih banyak ruang. Bahasa tubuh ini juga menyatakan otoritas, kekuatan dan kepercayaan diri.

Untuk menunjukkan rasa percaya diri dalam cara Anda duduk atau berdiri, Anda perlu mengklaim ruang sebanyak mungkin tetapi pastikan Anda tetap merasa nyaman saat melakukannya. Cobalah beberapa posisi dan temukan cara untuk duduk atau berdiri yang paling pas untuk Anda.

Bersikap tenang

Bayangkan ada seseorang yang berjalan ke sebuah ruangan. Ia berjalan dengan perlahan dan tenang. Sebelum berbicara, ia menyempatkan untuk melihat sekeliling ruangan. Ia tenang dan tampak memegang kendali. Tentu saja kepercayaan diri memancar darinya dan Anda ingin mendengarkan apa yang ia ucapkan.

Sekarang bayangkan dia berjalan ke ruangan yang sama dengan cepat dan tergesa-gesa. Dia terlihat cemas, kepalanya terus bergerak juga kaki dan tangannya. Anda mulai merasa bahwa ia tidak yakin dengan apa yang hendak ia sampaikan sehingga Anda dan seisi ruangan menjadi malas untuk mendengarkan dia.

Itu adalah contoh bagaimana orang yang sama dan ruangan yang sama namun dengan bahasa tubuh yang berbeda dapat membuat orang lain ingin dan enggan mendengarkan ucapan mereka.

Walau terkadang Anda merasa gugup, cobalah untuk tetap terlihat tenang. Orang yang percaya diri memiliki ketenangan dalam diri mereka. Mulai dari cara berjalan, duduk, hingga berdiri. (*)

Tags keyakinan diriBagikan

RELATED NEWS