Pentagon ACC Produksi Jet Tempur F-35 Joint Strike Fighter

Pratiwi - Jumat, 15 Maret 2024 07:24 WIB
Jet Tempur F-35

WASHINGTON (sijori.id) - Departemen Pertahanan Amerika secara resmi membuat keputusan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk melanjutkan produksi skala penuh jet tempur F-35 Joint Strike Fighter.

William LaPlante, wakil menteri pertahanan untuk akuisisi dan pemeliharaan menandatangani sebuah memo yang menyetujui keputusan tersebut pada Senin 11 Maret 2024. Fase itu dikenal sebagai Milestone C.

Dewan Akuisisi Pertahanan, yang diketuai LaPlante, bertemu pada tanggal 7 Maret untuk mempertimbangkan apakah akan memindahkan F-35 ke produksi tingkat penuh.

“Ini merupakan pencapaian besar bagi program F-35,” kata LaPlante dalam pernyataannya Rabu 13 Maret 2024. “Keputusan ini menyoroti layanan, mitra program kerja sama F-35, dan pelanggan penjualan militer asing bahwa F-35 stabil dan gesit, dan bahwa semua persyaratan undang-undang dan peraturan telah dipenuhi dengan tepat.”

Keputusan tersebut diambil lebih dari empat tahun setelah Pentagon awalnya merencanakan produksi skala penuh. Namun penundaan terjadi selama beberapa tahun karena masalah dalam menyiapkan uji Simulasi Gabungan yang diperlukan .

Pentagon mengatakan persetujuan Milestone C menetapkan program F-35 untuk memproduksi dan mengirimkan jet generasi berikutnya secara efisien. Sebelum jet tersebut dapat memasuki produksi tingkat penuh, program tersebut memerlukan pengendalian proses manufaktur, kinerja dan keandalan yang dapat diterima, serta sistem pemeliharaan dan dukungan yang memadai.

Lockheed Martin sudah membangun F-35 dengan kapasitas penuh dan memproduksi sekitar 150 jet setiap tahun. Ini berarti otorisasi F-35 untuk produksi tingkat penuh kemungkinan akan memiliki efek yang tidak terlalu berpengaruh pada jumlah jet yang dibuat.

“Perusahaan F-35 telah mengalami kemajuan yang signifikan selama dekade terakhir, dan kami akan selalu terdorong untuk terus meningkatkan keberlanjutan, interoperabilitas, dan kemampuannya sehingga jet tempur memiliki kemampuan yang diperlukan untuk berperang dan menang ketika diminta untuk melakukannya,” kata pejabat eksekutif program F-35 Letjen Mike Schmidt dikutip Defense News.

F-35 menyelesaikan serangkaian tes Lingkungan Simulasi Gabungan yang dikenal sebagai “runs for score” pada bulan September. Ke-64 tes tersebut dilakukan di Pangkalan Udara Angkatan Laut Patuxent River di Maryland. Pengujian menempatkan ketiga versi jet tersebut melalui skenario yang serupa dengan apa yang mungkin mereka temui dalam pertempuran. Ini seperti uji melawan pertahanan udara, pertahanan rudal jelajah, dan penghancuran pertahanan udara musuh.

Kantor Direktur, Pengujian dan Evaluasi Operasional Pentagon kemudian menganalisis data yang dikumpulkan dalam pengujian. Dari proses tersebut badan ini menghasilkan laporan yang digunakan untuk sampai pada keputusan Milestone C.

Raymond O'Toole, penjabat Direktur Pengujian dan Evaluasi Operasional F-35 mengatakan kantornya memiliki beberapa kekhawatiran dan rekomendasi yang kini sedang diupayakan untuk diatasi oleh program tersebut. Salah satu kekhawatiran tersebut adalah kebutuhan untuk meningkatkan infrastruktur pengujian yang dapat digunakan untuk mendukung pengembangan jet tersebut. Selain itu memastikan peningkatan di masa depan yang dikenal sebagai Blok 4 dapat diuji.

Lebih dari 990 F-35 sejauh ini telah dikirim ke Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika, sekutu, dan pelanggan asing. (*)

Tags f-35Bagikan

RELATED NEWS