Penuaan ≠ Umur

Pratiwi - Selasa, 14 November 2023 09:16 WIB
ilustrasi | freepik

(sijori.id) - Aplikasi panduan kesehatan digital bernama InsideTracker memiliki podcast Longevity by Design yang berfungsi sebagai wadah bagi para ilmuwan umur panjang untuk mengungkapkan kompleksitas penelitian mereka sembari menjawab pertanyaan kunci tentang bagaimana kita bisa menjalani hidup yang lebih sehat dan lebih lama.

Salah satu hal penting yang dapat diambil dari para ilmuwan yang diwawancarai adalah perbedaan antara healthspan (rentang kesehatan) dan umur.

Perlu dipahami perbedaan keduanya bahwa umur adalah total durasi hidup seseorang, tanpa memandang status kesehatan sementara healthspan atau rentang kesehatan adalah durasi hidup seseorang yang dihabiskan dalam keadaan sehat tanpa penyakit kronis atau gangguan terkait usia.

Perbedaan utama antara kedua istilah ini adalah bahwa memperpanjang umur tanpa adanya rentang kesehatan berarti seseorang akan hidup lebih lama dalam kondisi kesehatan yang kurang optimal.

Penelitian Dr. Heidi Tissenbaum, salah satu narasumber dalam podcast menganalisis perbedaan antara healthspan dan umur dengan menggunakan caenorhabditis elegans sebagai organisme model.

Caenorhabditis elegans adalah spesies cacing gelang yang memiliki perubahan fisiologis mirip manusia, menjadikannya model yang berharga untuk penelitian penuaan.

“Dalam penelitian penuaan, orang sering mengartikan umur dengan penuaan, namun keduanya tidak sama. Umur adalah ukuran dari proses penuaan, namun proses penuaan lebih dari sekedar berapa lama seseorang hidup. Jadi kita bisa melihat dua hal. orang-orang yang seumuran, dan mereka terlihat sangat berbeda. Dan di dalam, mungkin bahkan lebih berbeda," kata Dr. Heidi.

Lebih lanjut Dr.Heidi menjelaskan bahwa mengukur healthspan adalah langkah besar berikutnya yang diperlukan untuk memajukan bidang ini.

“Masa kesehatan adalah masa hidup yang dihabiskan tanpa penyakit kronis dan kecacatan. Suatu masa hidup yang dihabiskan dalam keadaan sehat. Ketika kita berbicara tentang dampak intervensi atau manipulasi genetik terhadap kesehatan, kita harus memahami dengan tepat apa yang kita maksud. Tidak ada pengujian atau serangkaian metrik yang disepakati untuk mengukur rentang kesehatan.” terangnya.

Salah satu metrik yang saat ini digunakan untuk mengukur rentang kesehatan di tingkat populasi adalah Healthy Life Expectancy (HALE), yang sering kali disajikan sebagai proporsi harapan hidup saat lahir dan usia 60 tahun. Namun, HALE tidak mudah untuk dihitung atau berguna pada tingkat individu.

Metrik formal untuk menentukan rentang kesehatan akan memungkinkan peneliti menyelidiki tindakan atau intervensi yang dapat memperpanjang atau memperpendek rentang kesehatan seseorang. (*)

Editor: Pratiwi
Tags penuaanBagikan

RELATED NEWS