Peragaan Busana sebagai Penutup Dekranasda Festival (DekraFest) 2022

Pratiwi - Jumat, 23 September 2022 14:46 WIB
null

TANJUNGPINANG (sijori.id) - Malam puncak Dekranasda Festival (DekraFest) 2022, Kamis 22 September 2022 dihadiri oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar. Malam puncak ini menghadirkan peragaan busana Wastra Kepri di Bintan Expo, Tanjungpinang.

Peragaan busana Wastra Kepri menampilkan berbagai hasil karya yang sangat luar biasa dari 8 desainer kenamaan seperti Herman, Reni Arifin, Teddy Tenri, Lena Syahrani, Agustriono, Waode Lina Sari, Baskoro, dan TM Pro.

Mereka menampilkan berbagai pakai batik, kebaya, baju kurung Melayu dipadukan dengan songket dan tanjak hingga pakaian muslim. Kain utama yang dikenakan pada pakai tersebut adalah batik lokal khas Kepri.

Dewi Ansar menyampaikan apresiasi kepada Dekranasda Kepri atas penyelenggaraan peragaan busana kali ini seraya berharap agar desain-desain yang dihadirkan dapat menginspirasi masyarakat tentang berbusana sesuai dengan budaya sendiri.

“Saya berharap, dari kegiatan ini semakin banyak anak muda yang tidak ragu mengenakan pakaian tradisional untuk aktivitas keseharian,” ujarnya.

Menurut Dewi Ansar, peragaan busana ini digelar sebagai salah satu bentuk kepedulian dalam melestarikan sekaligus mengembangkan kain tenun asli Kepri serta pakem tata rias wajah dan rambut tradisional Kepri.

“Diharapkan pengembangan kain-kain lokal yang ada di Kepri bisa menjadi tolok ukur bagi para kreator busana atau desainer di Indonesia,” ujarnya.

Dewi Ansar berjanji akan memberikan wadah gratis untuk para desainer Kepri. Harapannya, dengan promosi seperti ini melalui digital platform juga, produk-produk tersebut semakin dikenal serta membangkitkan perekonomian.

Malam puncak DekraFest ini merupakan acara penutupan dari berbagai rangkaian acara yang sudah dilaksanakan Dekranasda Kepri untuk memperingati Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri tahun ini. (*)

Tags dekrafestBagikan

RELATED NEWS