Perdana Menteri Portugal Mundur dari Jabatan

Pratiwi - Kamis, 09 November 2023 08:56 WIB
Perdana Menteri Portugal Antonio Costa (Reuters/Juan Medina)

(sijori.id) - Perdana Menteri Portugal, Antonio Costa, mengundurkan diri pada Selasa, 7 November 2023, beberapa jam setelah jaksa menahan kepala stafnya dalam penyelidikan terkait dugaan korupsi dalam proyek penambangan litium dan hidrogen oleh pemerintahannya.

Costa, yang menurut jaksa menjadi sasaran penyelidikan terkait, mengumumkan keputusan tersebut dalam pernyataan yang disiarkan televisi setelah bertemu dengan Presiden Marcelo Rebelo de Sousa.

Dia mengatakan bahwa dia memiliki hati nurani yang bersih. Costa memastikan tidak akan mencalonkan diri untuk keempat kalinya sebagai perdana menteri.

“Kemuliaan jabatan perdana menteri tidak dapat bersanding dengan kecurigaan terhadap integritas, perilaku baiknya, dan apalagi dengan kecurigaan terhadap praktik tindakan kriminal apa pun,” kata Costa, dilansir dari Reuters, Rabu, 8 November 2023.

Saat ini, keputusan ada di tangan presiden untuk menentukan apakah akan mengizinkan Partai Sosialis Costa, yang memiliki mayoritas di parlemen, untuk membentuk pemerintahan baru atau untuk membubarkan parlemen dan menggelar pemilihan.

Presiden kubu Sosialis, Carlos Cesar, mengatakan partainya siap untuk skenario apa pun. Sementara Luis Montenegro, pemimpin oposisi utama Sosial Demokrat, mengatakan dia siap untuk pemilihan awal. “Degradasi pemerintahan mengharuskan tidak ada lagi waktu yang terbuang,” kata Montenegro.

Parlemen dijadwalkan memberikan suara pada RUU anggaran 2024 akhir bulan ini. Ada kekhawatiran krisis politik dapat berdampak pada persetujuan anggaran serta dimulainya privatisasi maskapai penerbangan nasional Portugal, TAP.

“Tidak dapat dihindari bahwa akan ada pemilihan umum setelah jatuhnya pemerintahan secara mendadak,” kata ilmuwan politik Adelino Maltez. Antonio Costa Pinto dari Universitas Lisbon tidak mengesampingkan perdana menteri Sosialis lain yang mengambil alih, tetapi juga mengatakan bahwa pemilihan cepat adalah pilihan yang paling mungkin.

Saham Portugal turun sekitar 3%, sementara selisih yang diperhatikan secara cermat antara imbal hasil obligasi pemerintah Portugal 10 tahun dan obligasi pemerintah Jerman yang menjadi patokan zona euro melebar menjadi 69 basis poin dari 65 basis poin pada Senin.

Proyek Diselidiki

Kantor kejaksaan mengatakan sebelumnya pada Selasa, lima orang telah ditahan sebagai bagian dari penyelidikan, termasuk Vitor Escaria, kepala staf Costa, yang kantornya telah digeledah bersama dengan beberapa gedung pemerintah.

Dikatakan juga dalam sebuah pernyataan, Menteri Infrastruktur Joao Galamba, yang sebelumnya menjabat sebagai sekretaris energi, dan presiden badan lingkungan hidup APA, Nuno Lacasta, adalah tersangka resmi dan akan hadir di hadapan hakim. Kantor Galamba dan APA tidak membalas permintaan komentar.

Jaksa sedang menyelidiki dugaan korupsi dan pengaruh menjajakan konsesi eksplorasi litium Barroso dan Montalegre di Portugal utara, sebuah proyek untuk pembangkit hidrogen di pelabuhan Sines, dan investasi pusat data besar di sana.

Mereka mengatakan telah mengetahui bahwa para tersangka menggunakan nama dan wewenang Costa untuk membuka jalan terkait kesepakatan tersebut dan Mahkamah Agung akan menyelidiki kemungkinan peran Costa dalam kesepakatan tersebut.

Costa mengatakan dia sepenuhnya siap untuk bekerja sama dengan sistem peradilan. “Yang dipertaruhkan mungkin fakta-fakta yang mampu menjadi kejahatan penyimpangan, korupsi aktif dan pasif oleh politisi dan pengaruh menjajakan,” kata kantor kejaksaan.

Dengan lebih dari 60.000 metrik ton cadangan litium yang diketahui, Portugal dipandang sebagai pusat upaya Eropa untuk mengamankan lebih banyak rantai nilai baterai dan mengurangi ketergantungan pada impor.

APA awal tahun ini memberikan persetujuan lingkungan untuk perusahaan lokal Lusorecursos, untuk mengekstraksi lithium tingkat baterai di Montalegre, dan Savannah Resources (SAVS.L) untuk mengembangkan tambangnya sendiri di Barroso.

Dalam sebuah pernyataan, pihaknya bekerja sama dengan pihak berwenang yang mengunjungi beberapa lokasinya. Namun baik perusahaan maupun stafnya tidak menjadi sasaran penyelidikan. Pekerjaan di Proyek Lithium Barroso terus berlanjut tanpa beban.

Proyek litium menghadapi tentangan keras dari penduduk lokal dan pencinta lingkungan. Dalam pernyataan bersama, kelompok anti-pertambangan Portugal mengatakan perkembangan pada Selasa adalah bukti bahwa proses penambangan tidak dilakukan secara transparan, dan mereka menyerukan pembatalan segera semua proyek litium.

Khawatir Akan Masa Depan

Costa akan tetap menjabat sampai keputusan presiden. Rebelo de Sousa memanggil partai politik untuk konsultasi pada Rabu dan badan konsultatifnya, Dewan Negara, pada Kamis.

Sejak berkuasa pada tahun 2015 setelah krisis utang dan bailout internasional, Costa telah memimpin periode pertumbuhan ekonomi yang kuat, di mana pemerintahannya berturut-turut mengatasi defisit anggaran dan mengurangi beban utang, memenangkan pujian di Eropa atas kebijakan fiskal yang sehat.

Namun masa jabatan terakhir Costa, yang dimulai pada awal 2022 ketika partainya memenangkan mayoritas langsung secara mengejutkan dalam pemilihan cepat, dirusak oleh skandal, termasuk kontroversi seputar TAP maskapai milik negara pada Januari 2023, yang membuat partai-partai oposisi menuntut pengunduran diri pemerintahnya.

Carsten Brzeski, kepala global macro di ING, mengharapkan sedikit dampak di pasar keuangan berkat reputasi Portugal yang diperoleh dengan susah payah di sana. (*)

Tags portugalBagikan

RELATED NEWS