Persiapan Kerja di Luar Negeri

Pratiwi - Senin, 06 Februari 2023 20:56 WIB
ilustrasi | freepik

JAKARTA (sijori.id) - Pada era canggihnya teknologi, informasi untuk bekerja di luar negeri semakin mudah didapat. Terlebih, saat rekrutmen awal, perusahaan biasanya tak mengundang kandidat untuk melakukan wawancara dinegaranya. Semuanya dilakukan secara virtual.

Namun, meski mencari pekerjaan di luar negeri bisa dilakukan dengan lebih mudah saat ini, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan meninggalkan tanah air untuk mengadu nasib.

Sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari laman Indeed, berikut Tips yang bisa Anda lakukan dan cermati sebelum memutuskan meninggalkan tanah air untuk bekerja di tanah orang.

1. Memahami bahasa

Bahasa menjadi bekal awal yang Anda harus miliki jika ingin bekerja di luar negeri. Pasalnya, bahasa dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja maupun masyarakat setempat.

Meski Anda menguasai Bahasa Inggris sebagai dasar, hal tersebut tentunya belum cukup. Apabila Anda bekerja di negara yang tak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka, tentunya Anda bisa kesulitan.

Oleh sebab itu, Anda wajib memahami bahasa lokl yang dipakai dalam keseharian masyarakat di tempat negara tujuan Anda.

Karenanya, jika menemukan pekerjaan tertentu yang diminati di luar negeri, terlebih dahulu telusuri dan pelajari bahasa tersebut sampai mencapai tingkat keahlian yang cukup agar kita dapat dipertimbangkan sebagai kandidat potensial.

2. Lakukan riset seputar budaya kerja

Setiap perusahaan tentunya memiliki budaya tersendiri. Hal ini biasanya ditanyakan saat proses rekrutmen karyawan. Sebelum memutuskan bekerja di luar negeri, Anda sebaiknya terlebih dahulu ccari tahu informasi sebanyak mungkin seputar budaya kerja di negara atau perusahaan tujuan.

Dengan mengetahui budaya kerja perusahaan, Jalan anda untuk berkarier di luar negeri bisa jadi berjalan mulis.

3. Sadari perbedaan waktu

Saat akan bekerja di luar negeri, terlebih dahulu, Anda harus memahami perbedaan zona waktu sedetail mungkin. Ini bertujuan agar Anda tidak melewati undangan wawancara kerja via online, baik lewat telepon atau video call.

Penting juga untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu lokal saat interview kerja berlangsung. Memahami zona waktu lokal di negara tujuan juga dapat membuat Anda lebih mudah dalam proses adaptasi ketika kita sudah diterima untuk bekerja di sana.

4. Cari tahu waktu libur atau hari besar yang berlaku

Nyaris mirip seperti zona waktu, memahami waktu libur atau hari besar yang berlaku juga memudahkan kita untuk menyesuaikan jadwal kunjungan ketika sudah dalam proses rekrutmen lanjutan.

5. Pahami perbedaan kondisi ekonomi, politik, dan budaya

Selain gaji dan benefit yang ditawarkan perusahaan, Anda harus mencari tahu mengenai kondisi lingkungan kerja, kondisi perekonomian negara, kondisi politik hingga budaya dan jam kerja yang berlaku di negara tujuan.

Cara ini merupakan satu hal penting agar kita lebih mudah beradaptasi dengan rekan kerja, lingkungan dan perusahaan tujuan jika nantinya diterima di perusahaan tersebut.

6. Siapkan semua berkas

Agar proses mencari kerja semakin mulus setelah Anda dinyatakan diterima oleh perusahaan luar negeri incaran Anda, sebaiknya Anda segera menghitung waktu untuk menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan.

Adapun berkas yang biasanya dibutuhkan antara lain visa, pasport, izin tinggal atau surat izin kerja. Selain itu, tanyakan apakah perusahaan yang dilamar dapat membantu kita dalam memenuhi persyaratan yang perlu dipenuhi. (*)

Tags KerjaBagikan

RELATED NEWS