Petani Timun Suri di Tangerang Gigit Jari

Pratiwi - Senin, 27 Maret 2023 14:27 WIB
Petani timun suri tengah mengecek beberapa tanaman yang siap panen di kawasan Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Tahun ini hasil panen mereka kurang memuaskan akibat curah hujan yang ekstrem dimasa tanam sehingga beberapa lahan digenangi air dan gagal panen, Minggu 26 Maret 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

JAKARTA (sijori.id) - Sejumlah petani timun suri di Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten harus gigit jari karena gagal panen. Padahal menjelang bulan Ramadan biasanya menjadi berkah tersendiri karena permintaan timun suri sedang tinggi-tingginya dibanding pada bulan lainnya.

Seperti terlihat di lokasi, daun-daun dari tanaman timun suri terlihat menguning dan tidak sehat. Ini menyebabkan buah yang dihasilkan juga jauh dari kata bagus, karena ukurannya yang kecil dan beberapa di antaranya membusuk.

Tinggi dan ekstremnya curah hujan yang terjadi saat masa tanam kemarin menjadi penyebab gagal panen. Nyaris sebagian lahan tanaman timun suri ini terendam air. Jika dikalkulasi hasil panen tahun ini mengalami penurunan sekitar 40%.

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia

Tags timun suriBagikan

RELATED NEWS