PLN dan Elsewedy Electric Mesir Jalin Kerja Sama

Pratiwi - Rabu, 06 Desember 2023 22:24 WIB
.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Elsewedy Electric, perusahaan listrik terkemuka asal Mesir.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mengembangkan teknologi grid inovatif guna mengatasi tantangan integrasi sistem listrik, khususnya dalam menghubungkan sumber energi terbarukan (EBT) seperti tenaga angin dan surya ke pusat beban listrik.

Kerja sama PLN dan Elsewedy Electric berfokus pada peningkatan kapasitas sumber energi terbarukan di Indonesia, oleh karena itu keberadaan jaringan transmisi yang tangguh dan fleksibel menjadi krusial.

Kolaborasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan potensi besar sumber daya EBT Indonesia. Integrasi energi terbarukan ke dalam jaringan listrik nasional menjadi pondasi penting dari upaya ini, transisi ke energi bersih akan sulit terwujud tanpa infrastruktur transmisi yang kuat. Oleh karena itu, keberadaan jaringan transmisi yang handal akan membuka jalan bagi penyediaan energi hijau yang terjangkau bagi masyarakat.

Kerja sama ini juga ditujukan guna meningkatan pengalaman konsumen melalui penerapan teknologi smart meter. Melalui proyek smart meter yang melibatkan instalasi dan integrasi, PLN hendak meningkatkan pemanfaatan sumber energi terbarukan yang cenderung tidak kontinu. Smart meter diharapkan menjadi salah satu solusi utama dalam memperbaiki kualitas layanan pelanggan.

Kemitraan ini tidak hanya membuka peluang ekspansi bisnis PLN ke pasar global, tetapi juga menggagas kerjasama proyek energi terbarukan di Indonesia, Mesir, dan negara-negara Afrika. Selain pengembangan proyek meter pintar, keduanya juga sedang menjajaki peluang kerjasama dalam proyek energi terbarukan di berbagai wilayah.

"Kami membangun kolaborasi dalam investasi untuk satu tujuan agar sumber daya EBT yang besar sekali di Indonesia ini bisa dimanfaatkan. Tidak ada transisi energi tanpa transmisi. Dengan adanya transmisi yang kokoh maka kita bisa menyediakan affordable green energy ke masyarakat," ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, Dilansir kabarbumn.com, Rabu,6 Desember 2023.

Kemitraan antara PLN dan Elsewedy Electric menandai langkah signifikan dalam upaya PLN membuka pintu bagi PLN dalam berkolaborasi di proyek-proyek energi terbarukan di berbagai negara. (*)

Tags Elsewedy ElectricBagikan

RELATED NEWS