PLN Gelar Startup Day Connext

Pratiwi - Jumat, 15 Desember 2023 07:39 WIB
null

JAKARTA - PT PLN menyelenggarakan "Startup Day Connext" dengan tema "Spark The Future: PLN as The Epicentrum for Energy Startups" di Jakarta. Acara ini menjadi wadah bagi PLN untuk perusahaan sebagai pusat inovasi bagi startup-startup di sektor energi di Indonesia.

Untuk mendukung target Indonesia mencapai Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060, PLN menekankan pentingnya peran sektor energi dalam mengembangkan ekosistem startup dan menggerakkan bisnis di luar sektor kelistrikan.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, memberikan dukungan penuh terhadap pembangunan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan startup di Indonesia. Nezar menyampaikan Indonesia saat ini memiliki jumlah startup keenam terbanyak di dunia dan kedua terbanyak di Asia Tenggara.

PLN dengan dukungan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mendorong kolaborasi antara startup dengan perusahaan-perusahaan BUMN untuk membuka pintu lebar bagi inovasi dan teknologi guna mendukung transformasi BUMN lebih adaptif terhadap perkembangan zaman.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menjelaskan bahwa perusahaan memiliki tujuan menjadi pusat bagi startup energi pada tahun 2024. Hal ini akan dicapai melalui inisiatif-inisiatif seperti membangun komunitas startup, menjalin kemitraan global, dan mendorong program akselerasi dan inkubasi bersama startup.

“Kami berharap program ini dapat menjadi inkubator yang mendorong tumbuhnya lebih banyak unicorn yang bergerak di sektor energi untuk mendukung Accelerated Renewable Energy Development di Indonesia,” ujar darmawan, dilansir siaranpers PLN, Kamis, 14 Desember 2023.

Tiga kategori penting yang ditekankan oleh PLN dalam kolaborasi ini berfokus pada peningkatan pelayanan pelanggan dan ekosistem pintar, energi alternatif, serta model ekonomi bersama. Hal ini bertujuan untuk menggali inovasi teknologi yang mendukung mitigasi perubahan iklim melalui pemanfaatan energi terbarukan.

PLN yakin kolaborasi dengan startup akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Program "Startup Day Connext" dan inisiatif PLN untuk menjadi pusat inovasi energi mencerminkan langkah maju Indonesia dalam mendorong teknologi terbaru untuk mencapai tujuan berkelanjutan dalam sektor energi.

Kebijakan ini juga menegaskan komitmen PLN untuk membangun kerja sama yang produktif dengan para pemangku kepentingan demi menciptakan ekosistem yang memajukan inovasi dan teknologi di Indonesia. (*)

RELATED NEWS