PMI Kota Batam Kirim Bantuan ke Pulau Serasan, Natuna

Pratiwi - Rabu, 08 Maret 2023 20:47 WIB
Tim PMI Batam saat kirim bantuan ke Natuna.

BATAM (sijori.id) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam menyalurkan bantuan dan donasi senilai Rp 20 juta kepada korban longsor Pulau Serasan, Kabupaten Natuna Kepulauan Riau. Bantuan tersebut disalurkan pengurus PMI Kota Batam Asmin Patros dan diterima secara simbolis oleh Ketua PMI Kabupaten Natuna Suhelmi.

Memasuki hari ke-3 atau Rabu 8 Maret 2023, paska longsor tersebut, bantuan berupa logistik dan peralatan terus didorong menuju lokasi terdampak. Saat ini terdata 15 korban meninggal, 42 orang hilang, dan pengungsi yang mencapai 1.216 orang.

Sekretaris PMI Kota Batam Asmin Patros mengatakan aksesibilitas menuju lokasi bencana Pulau Serasan saat ini hanya dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi laut dan sedikit memperlambat penyaluran bantuan.

“Kondisi ini disiasati dengan pengiriman bantuan secara bertahap dari posko PMI Kabupaten Natuna di Ranai dan relawan PMI yang membawanya keseberang diangkut dengan menggunakan kapal laut milik pemerintah dan swasta.” Kata Asmin.

Asmin menambahkan pengiriman logistik bukan perkara mudah, selain jarak dan waktu tempuh selama kurang lebih 12 -14 jam menggunakan kapal, cuaca buruk dan intensitas hujan yang tinggi menjadi faktor kendala pengiriman ke lokasi terdampak. Informasi terbaru (8/3), longsor susulan masih terjadi dan kemungkinan masih berlanjut sehingga proses evakuasi ditunda. Akses jalan menuju kecamatan Serasan dan Serasan Timur juga dikabarkan terputus.

Untuk fase tanggap darurat bencana, PMI telah memobilisasi relawan yang difokuskan untuk penanganan bencana yang memiliki spesialisasi Manajemen Tanggap Darurat Bencana, Pertolongan Pertama, Evakuasi Relief dan Distribusi. Selain itu, PMI juga membawa logistik kitchen kit, selimut dan kebutuhan lainnya.

Ketua PMI Kab Natuna Suhelmi, menyampaikan bahwa donasi yang telah dikirimkan oleh PMI Kota Batam akan disalurkan dalam bentuk bantuan logistik yang diperlukan sesuai kebutuhan. “Kita akan terus melakukan penanggulangan bencana longsor di Pulau Serasan sampai tahap pemulihan”, ujar Suhelmi.

“Pelayanan psikososial untuk korban bencana, kebutuhan perlengkapan sekolah anak-anak, air dan sanitasi, dan hunian sementara akan menjadi prioritas PMI kedepan”, tambahnya.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi untuk korban longsor di Pulau Serasan dapat langsung datang ke Markas PMI Kota Batam atau dapat melalui rekening BCA 8335371000 PMI Kota Batam dan website pmibatam.or.id/donasi (*)

RELATED NEWS