PMI Kota Batam Siagakan Pos Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans Siaga Lebaran 2023

Pratiwi - Sabtu, 22 April 2023 21:12 WIB
null

BATAM (sijori.id) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam menyiagakan ambulans dan mengerahkan sejumlah personel relawan PMI untuk memberikan layanan darurat kepada masyarakat, terutama pada masa libur lebaran 2023 dari H-1 Lebaran (21 April 2023) sampai H+2 Lebaran (24 April 2023), dan akhir pekan (29-30 April 2023) di jalur Trans Barelang.

Pengurus PMI Kota Batam, Asmin Patros SH., M.Hum mengatakan PMI Kota Batam tetap melayani masyarakat walau libur nasional dan cuti bersama lebaran 2023. “Pelayanan kami tidak libur, dan dibuka selama 24 jam oleh petugas yang berjaga baik pada posko siaga lebaran maupun pelayanan darah,” ujarnya.

Menurut Asmin, pelayanan kemanusiaan ini rutin dilakukan setiap tahunnya untuk mendukung pihak berwenang dan pemerintah dalam rangka pengamanan perjalanan pada masa libur lebaran untuk antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan khususnya saat perayaan Idulfitri 1444 H.

“Kami juga bersiaga untuk memberikan pelayanan medis dan ambulans selama pelaksanaan perayaan takbir keliling Jum’at 21 April 2023 malam yang diselenggarakan Pemerintah Kota Batam,” ungkapnya.

Asmin menyebutkan posko siaga lebaran juga disediakan tenaga kesehatan dan para pengguna jalan raya dapat memanfaatkan pos tersebut untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

“Mudah-mudahan dengan layanan ini memberi rasa aman dan nyaman untuk masyarakat, khususnya yang melakukan perjalanan baik mudik dan berwisata selama libur lebaran,” katanya.

Kepala Divisi Pelayanan PMI Kota Batam, Hendy menyampaikan Posko Siaga Lebaran PMI Kota Batam dilengkapi sarana prasarana mendukung seperti pelayanan kesehatan dasar, perlengkapan kegawatdaruratan pertolongan pertama, hygiene kit, rest area dan layanan mobil ambulans.

“Kurang lebih 15 personel diturunkan yang dipusatkan di posko siaga lebaran 2023 di jembatan tiga, jalur trans Barelang,” ujarnya.

Hendy menambahkan petugas juga akan berkeliling ke beberapa titik pusat keramaian lalu lintas yang biasanya dipadati pengunjung.

Selain itu, Hendy juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mengikuti aturan pemerintah terkait untuk mematuhi protokol kesehatan, karena status pandemi belum berakhir. "Bagi masyarakat yang akan memanfaatkan waktu libur lebaran baik dengan mudik atau berwisata agar tetap berhati-hati di jalan, taati peraturan dan jaga kesehatan," tutupnya.

PMI Kota Batam menyediakan layanan telepon kedaruratan melalui divisi pelayanan kesehatan pada nomor whatsapp di 081267043002.

Tags PMI BatamBagikan

RELATED NEWS