Precision Strike Missile Penggebuk Baru Milik US Army

Pratiwi - Senin, 11 Desember 2023 11:02 WIB
null

WASHINGTON- Angkatan Darat Amerika atau US Army kini telah menerima contoh operasional pertama dari rudal balistik jarak pendek Precision Strike Missile (PrSM). Senjata ini dirancang untuk menggantikan Army Tactical Missile System (ATACMS). Sebuah desain rudal balistik jarak pendek yang lebih tua dan telah menjadi terkenal berkat konflik di Ukraina .

Angkatan Darat Amerika sebagaimana dilaporkan Defense News mengkonfirmasi penerimaan gelombang awal PrSM pada 9 Desember 2023. Namun tidak mengatakan berapa banyak total rudal operasional yang dimilikinya saat ini. US Army menggambarkan senjata-senjata ini memberikan kemampuan operasional awal.

Sebelum deklarasi resmi pencapaian kemampuan operasional awal dengan jenis tersebut pada tahun depan. Permintaan anggaran Tahun Anggaran 2024 Angkatan Darat mematok biaya unit saat ini untuk masing-masing rudal tersebut hanya di bawah US$3,5 juta.

Doug Bush, Asisten Sekretaris US Army untuk Akuisisi, Logistik dan Teknologi mengatakan PrSM akan memberikan komandan Pasukan Gabungan kemampuan 24 jam dalam 7 hari dalam segala cuaca untuk kemampuan musuh.

PrSM operasional yang dimiliki Angkatan Darat Amerika saat ini adalah varian dasar Inkremen 1. Varian ini memiliki hulu ledak tunggal berdaya ledak tinggi. Rudal-rudal tersebut dipandu secara presisi, namun dirancang hanya untuk menyerang sasaran statis.

PrSM dirancang untuk ditembakkan dari peluncur Multiple Launch Rocket System (MLRS) seri M270, dan peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) M142. Sebuah M270 dapat diisi hingga empat PrSM sekaligus. Sedangkan beban maksimum untuk M142 adalah dua.

Sampai saat ini, Angkatan Darat menolak untuk mengungkapkan jangkauan maksimum PrSM. Mereka hanya menyatakan jaraknya setidaknya sekitar 400 kilometer. Namun Pentagon menyatakan jaraknya sebenarnya sekitar 500 kilometer. Dan dapat bertambah hingga 650 kilometer.

Lockheed Martin yang memproduksi PrSM mencatat, rudal tersebut bermanuver dengan kecepatan hipersonik untuk menyelaraskan dengan target. Rudal balistik secara umum memang sering mencapai kecepatan hipersonik yang didefinisikan sebagai kecepatan di atas Mach 5, pada tahap akhir penerbangannya.

Hal ini membuat mereka lebih sulit untuk dicegat. Namun, rudal balistik tradisional biasanya tidak dimasukkan dalam kategori senjata hipersonik. Ini karena rudal hipersonik tidak hanya bicara soal kecepatan tetapi kemampuan manuver yang lebih tinggi, dan penerbangan hipersonik yang berkelanjutan.
Menggantikan ATACMS

Berbagai varian ATACMS yang akan digantikan oleh PrSM telah digunakan selama bertahun-tahun. Termasuk tipe dengan muatan munisi cluster dan hulu ledak berdaya ledak tinggi.

Setiap ATACMS secara fisik lebih besar dari PrSM. Akibatnya MLRS M270 hanya dapat memuat dua buah ATACMS. Sedangkan HIMARS M142 hanya dapat menembakkan satu buah sebelum perlu diisi ulang.

Ada upaya terus-menerus dalam militer Amerika untuk melakukan transisi ke jenis amunisi non-cluster dalam beberapa tahun terakhir. Versi paling modern dari ATACMS yang beroperasi saat ini adalah MGM-168A. Atau yang juga dikenal sebagai ATACMS Block IVA dan M57. Rudal ini memiliki hulu ledak berdaya ledak tinggi kelas 500 pon. Dan jangkauan maksimum 300 kilometer . Kisaran tersebut secara langsung terkait dengan ketentuan Perjanjian Kekuatan Nuklir Jangka Menengah (INF) yang sekarang sudah tidak ada lagi.

Berakhirnya INF membuka pintu bagi PrSM yang memiliki jangkauan jauh lebih besar daripada ATACMS. Meskipun rincian mengenai ukuran pasti dan sifat hulu ledak PrSM masih terbatas, Angkatan Darat Amerika mengatakan hulu ledak tersebut adalah jenis yang dioptimalkan. Mereka dirancang untuk mencapai efek yang sama seperti ATACMS.

Secara keseluruhan, PrSM tampaknya akan menawarkan Angkatan Darat peningkatan yang signifikan. Terutama dalam kemampuan serangan jarak jauh. US Army juga berencana untuk memperoleh varian turunan dengan peningkatan lebih lanjut dan fungsionalitas tambahan.

Rudal Inkremen 2 yang direncanakan akan menampilkan pencari multi-mode dan mampu menyerang target bergerak. Pengerjaan versi ini saat ini dipusatkan pada penggunaannya sebagai senjata anti-kapal. Meskipun berpotensi digunakan terhadap target lainnya.

Inkremen 3 dinyatakan berkisar pada muatan yang ditingkatkan lebih lanjut. Hal ini dapat mencakup hulu ledak baru yang lebih dioptimalkan untuk target tertentu. Ada juga diskusi di masa lalu tentang penggunaan PrSM sebagai alat pertahanan untuk menyebarkan segerombolan amunisi yang berkeliaran. Atau yang juga dikenal sebagai drone kamikaze.

Terakhir Angkatan Darat Amerika menginginkan versi PrSM yang dikenal sebagai Inkremen 4. Versi dengan jangkauan maksimum yang diperluas hingga sekitar 1.000 kilometer.

Angkatan Darat Amerika disebut berencana untuk memperoleh setidaknya 3.986 PrSM Inkremen 1. Tidak diketahui berapa banyak varian lain yang mungkin ingin diperolehnya di masa depan.

Seluruh keluarga PrSM adalah bagian dari visi jangka panjang masa depan yang telah diupayakan Angkatan Darat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini juga mencakup sistem peluncuran berbasis darat baru yang disebut Typhon. Peluncur yang mampu menembakkan rudal multi-misi SM-6 dan rudal jelajah serangan darat Tomahawk. Selain itu juga bisa menembakan rudal hipersonik Dark Eagle yang sedang dikembangkan bekerja sama dengan Angkatan Laut amerika.

Masih harus dilihat apakah PrSM akan memasuki layanan dengan operator lain atau tidak. Korps Marinir Amerika saat ini juga memiliki rudal ATACMS. Namuhhn sedang mengembangkan kemampuan rudal berbasis darat jarak jauh yang baru. Upaya Marinir berpusat pada kendaraan peluncur untuk menembakkan rudal jelajah anti-kapal Naval Strike Missile (NSM) dan Tomahawk. (*)

RELATED NEWS