Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Dinyatakan Positif COVID-19

Pratiwi - Kamis, 18 Juli 2024 21:52 WIB
Presiden AS Joe Biden

WASHINGTON (sijori.id) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden dinyatakan positif COVID-19 yang memaksanya membatalkan acara kampanye di Las Vegas. Situasi ini juga terjadi di tengah meningkatnya tekanan agar dia membatalkan pencalonannya kembali karena usianya.

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre pada Rabu 17 Juli 2024 waktu Washington mengatakan bahwa Biden, 81 tahun, mengalami gejala ringan dan akan terbang ke rumahnya di Delaware. Dia akan akan mengisolasi diri dan terus menjalankan semua tugasnya sepenuhnya.

Jean-Pierre mengatakan Biden berencana menghabiskan akhir pekan panjang di rumah pantainya di Delaware. Tidak jelas berapa lama penyakit itu akan menghalanginya untuk berkampanye.

Beberapa menit setelah pengumuman tersebut, iring-iringan mobil presiden bergerak menuju bandara Las Vegas, dan saat ia menaiki Air Force One, Biden mengatakan kepada wartawan: “Baik, saya merasa baik.”

Dr. Kevin O'Connor, dokter presiden, mengatakan dalam sebuah catatan bahwa Biden “datang siang ini dengan gejala-gejala saluran pernapasan atas, termasuk rinorea [hidung berair] dan batuk tidak berdahak, disertai rasa tidak enak badan secara umum”.

Setelah tes COVID-19 positif, Biden diberi resep obat antivirus Paxlovid dan telah meminum dosis pertamanya, kata O'Connor.

Berita tentang penyakit Biden pertama kali dibagikan oleh CEO Unidos US. Sebuah kelompok hak-hak sipil Latin di Las Vegas. Biden dijadwalkan untuk berpidato di konvensi kelompok tersebut pada Rabu sore sebagai bagian dari upaya untuk menggalang dukungan pemilih Hispanik menjelang pemilihan umum November.

Janet Murguia, CEO Unidos, mengatakan kepada para tamu bahwa presiden telah menyampaikan penyesalannya dan tidak dapat hadir karena ia dinyatakan positif terkena virus. "Dia bilang untuk memberi tahu orang tuaku bahwa kami tidak akan menyingkirkannya secepat itu. Kami akan mendapat kesempatan untuk mendengar langsung darinya di masa mendatang," katanya.

Pemimpin AS tersebut terakhir kali dinyatakan positif COVID-19 dua kali pada musim panas tahun 2022, saat ia memiliki kasus primer dan kasus kambuhnya virus tersebut.

Biden telah divaksinasi dan saat ini sedang menjalani dosis penguat tahunan yang direkomendasikan untuk COVID-19. Vaksin tersebut terbukti sangat efektif dalam membatasi penyakit serius dan kematian akibat virus tersebut, yang telah menewaskan lebih dari satu juta orang di AS sejak pandemi dimulai pada tahun 2020.
Kekhawatiran Serius

Diagnosis presiden itu muncul di tengah pengawasan ketat terhadap kesehatan dan staminanya setelah perdebatan yang gagal dengan mantan Presiden Donald Trump, yang memicu kekhawatiran di kalangan Demokrat bahwa Biden tidak siap untuk memenangkan masa jabatan presiden berikutnya.

Penyiar ABC News melaporkan pada hari Rabu bahwa pemimpin Demokrat di Senat, Chuck Schumer, mengatakan kepada Biden bahwa akan lebih baik bagi negara dan partainya jika ia mengakhiri kampanye pemilihannya kembali. ABC News juga mengatakan pemimpin Demokrat di DPR, Hakeem Jeffries, juga telah menyampaikan pandangan serupa secara langsung kepada Biden.

Sebelumnya pada hari Rabu, Perwakilan Demokrat AS Adam Schiff menjadi anggota Kongres Demokrat ke-20 yang secara terbuka menyerukan agar Biden keluar dari pencalonan.

"Meskipun keputusan untuk menarik diri dari kampanye adalah keputusan Presiden Biden sendiri, saya yakin sudah waktunya baginya untuk menyerahkan tongkat estafet," kata Schiff dalam sebuah pernyataan. "Dan dengan demikian, kita dapat mengamankan warisan kepemimpinannya dengan memungkinkan kita mengalahkan Donald Trump dalam pemilihan mendatang."

Sebuah jajak pendapat yang dirilis oleh Pusat Penelitian Urusan Publik AP-NORC pada hari Rabu menunjukkan bahwa hampir dua pertiga dari Demokrat yakin Biden harus keluar dari pencalonan dan membiarkan partai memilih kandidat baru.

Hanya sekitar tiga dari 10 Demokrat yang juga mengatakan mereka sangat atau amat yakin bahwa Biden memiliki kapasitas mental untuk menjabat secara efektif sebagai presiden, turun sedikit dari 40 persen yang mengatakan hal serupa dalam jajak pendapat Februari.

Namun, kantor berita Associated Press dan media Amerika lainnya telah melaporkan Demokrat berencana untuk mengadakan pemungutan suara virtual untuk secara resmi menjadikan Biden sebagai calon presiden pada minggu pertama bulan Agustus. Itu dilakukan sebelum Konvensi Nasional Demokrat, diadakan di Chicago dari tanggal 19 hingga 22 Agustus dan biasanya di sanalah calon presiden partai akan dikonfirmasi.

Sementara itu, Biden bersikap menantang dalam menghadapi seruan untuk mundur dari pencalonan, dengan mengatakan kepada seorang pewawancara bahwa hanya “Tuhan Yang Mahakuasa” yang dapat membujuknya untuk maju. (*)

Tags BidenBagikan

RELATED NEWS