PT PAL Indonesia Membuka Peluang Bermitra dengan Perusahaan Eropa

Pratiwi - Kamis, 19 Mei 2022 21:30 WIB
Rombongan Fincantieri didampingi oleh Manajer produksi PT PAL Indonesia pada 17 Mei 2022

SURABAYA (sijori.id) - PT PAL Indonesia membuka peluang kerja sama dengan perusahaan kapal asal Eropa. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut dari kunjungan tim Fincantieri, di Gedung Pusat Informasi Perusahaan (PIP) PT PAL Indonesia, Surabaya beberapa hari lalu.

SEVP Transformasi Manajemen PT PAL Indonesia, Satriyo Bintoro mengatakan, Fincantieri adalah perusahaan kapal terbesar di Eropa, sehingga tidak menutup kemungkinan akan adanya potensi kerja sama ke depannya.

Pak Bin, panggilan akrab Satriyo Bintoro mengatakan, dalam kunjungan itu tim Fincantieri melakukan beberapa agenda, seperti meninjau aspek design engineering, supply chain, dan quality assurance milik PT PAL Indonesia.

"Kerja sama strategis di bidang pertahanan maritim merupakan wujud diplomasi politik internasional yang kuat, serta untuk menjadikan perusahaan yang mendunia. PT PAL sebagai perusahaan kapal yang dipercaya pemerintah menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional harus terus didukung dalam mewujudkan kemandirian alutsista nasional," kata Pak Bin.

Sementara itu, selama proses tinjauan lapangan, pimpinan Tim Fincantieri, Mr Fransesco mengapresiasi fasilitas produksi serta sistem alur produksi PAL, yang diakui mampu menghasilkan produk-produk alutsista kelas dunia.

"Kami sangat mengapresiasi sambutan dalam kunjungan ini, dan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami, sehingga bisa berlanjut kerja sama ke depan," katanya.

Sebelumnya, PT PAL Indonesia telah melakukan berbagai pengalaman kerja sama strategis di tingkat global dalam pembangunan alutsista matra laut, seperti dengan Damen Shipyard-Belanda dalam pembangunan Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) KRI Raden Eddy Martadinata-331.

Kemudian pembangunan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 serta dengan Babcock International-Inggris, khususnya dalam bidang desain kapal serta yang terbaru yakni Naval Group. (*)

Tags pal indonesiaBagikan

RELATED NEWS