PT Perikanan Indonesia Capai Perkembangan Signifikan

Pratiwi - Senin, 29 Januari 2024 21:57 WIB

Ilustrasi: Hasilperikanan/kkp.go.id

undefined


JAKARTA - PT Perikanan Indonesia merupakan anak usaha dari BUMN ID FOOD. Perusahaan ini terbentuk dari penggabungan dua perusahaan perikanan milik negara, PT Perikanan Indonesia dan PT Perikanan Nusantara.

Dua tahun pasca-merger perusahaan ini telah mencapat pertumbuhan signifikan. Keberhasilan perusahaan ditandai dengan peningkatan kinerja di seluruh segmen bisnis utamanya meliputi, pengolahan dan perdagangan ikan, operasi pelabuhan, dan produksi pakan ikan, semuanya didukung oleh komitmen terhadap praktik perikanan berkelanjutan.

Meskipun dihadapkan pada tantangan yang diakibatkan oleh pandemi global COVID-19, perusahaan ini menunjukkan pertumbuhan keuangan dan operasional yang tangguh sepanjang periode 2021-2023.

Perusahaan melaporkan peningkatan penjualan rata-rata sebesar 13%, dengan total penjualan mencapai Rp565 miliar pada tahun 2023. Tak kalah mencolok, peningkatan substansial EBITDA perusahaan melonjak rata-rata sebesar 193% dalam periode yang sama.

“Kami telah melakukan upaya-upaya untuk memperbaiki kinerja seta mempertahankan eksistensinya, Perusahaan berhasil meningkatkan performa finansial seperti pendapatan, laba kotor, EBITDA dan penurunan kerugian,” ujar Direktur Utama PT Perikanan Indonesia, Sigit Muhartono, dilansir siaran pers, Senin, 29 Januari 2024.

Produksi ikan mengalami peningkatan rata-rata sebesar 8%, mencapai 13.000 ton pada tahun 2023. Penjualan ekspor menyaksikan lonjakan luar biasa rata-rata sebesar 82% dari 2021 hingga 2023, memperluas jangkauan perusahaan ke 10 negara, termasuk Australia dan Korea Selatan.

Pendapatan dari bisnis pelabuhan, yang tumbuh rata-rata sebesar 7% sejak tahun 2021, mencapai Rp185 miliar pada tahun 2023. Sementara itu, produksi pakan ikan mengalami pertumbuhan rata-rata yang memuaskan sebesar 72%, mencapai 2.214 ton pada tahun 2023.

Fokus strategis pada transformasi perikanan berkelanjutan dari hulu hingga hilir menjadi salah satu penunjang kemajuan perusahaan. Komitmen perusahaan terhadap langkah-langkah efisiensi, perbaikan siklus perdagangan dan pengoptimalan aliran kas, serta restrukturisasi keuangan, secara signifikan berkontribusi pada kinerja keuangan yang ditingkatkan.

Kontribusi dari 12 kantor cabang dan 21 unit yang tersebar di seluruh Indonesia, menekankan komitmen perusahaan terhadap keunggulan di sektor perikanan.

Dengan pencapaian yang ditandai oleh praktik berkelanjutan, ketahanan keuangan, dan pertumbuhan strategis, PT Perikanan Indonesia menjadi bukti keberhasilan yang dapat dicapai melalui sinergi merger dan pendekatan berpikir ke depan dalam industri perikanan.
(*)

Tags ikanBagikan

RELATED NEWS