Relasi Bangun Pagi dan Kesuksesan

Pratiwi - Senin, 16 Januari 2023 21:32 WIB
ilustrasi | freepik

JAKARTA (sijori.id) - Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang sukses adalah bangun pagi. Contohnya Jack Dorsey, pendiri twitter yang rutin bangun pukul 05.30 setiap pagi ada juga Howard Schult, CEO Starbucks yang bangun setiap pukul 04.30 pagi.

Tidak hanya bangun pagi, kebiasaan yang Anda lakukan setelah bangun tidur juga menentukan kesuksesan Anda. Robin Sharma salah satu dari lima pakar kepemimpian terbaik di dunia dalam bukunya yang berjudul 5 AM Club mengungkapkan sebuah metode yang dapat Anda gunakan untuk membentuk kebiasaan pagi Anda bernama metode 20/20/20 yang hanya membutuhkan waktu 1 jam saja di pagi hari.

Apa itu Metode 20/20/20 ?

1 jam itu sama dengan 60 menit, Ketika 60 menit dibagi menjadi 3 bagian, maka masing-masing bagian akan mendapatkan jatah 20 menit. Inilah yang dimaksud metode 20/20/20. Dalam 1 jam di pagi hari Anda, Anda harus membaginya menjadi 3 bagian dengan masing-masing jatah 20 menit untuk melakukan 3 kegiatan di bawah ini :

1. Move / Bergerak

20 menit pertama dapat Anda gunakan untuk bergerak, lakukanlah gerakan latihan fisik yang mempu mengeluarkan keringat. Anda dapat mengisi waktu ini dengan burpee, lari, lompat tali, yoga, maupun olahraga yang lain.

Fungsi dari kegiatan di bagian move ini adalah untuk membersihkan kortisol yaitu hormon yang memainkan peran kunci dalam respons stres pada tubuh, meningkatkan dopamin yaitu hormon yang menciptakan rasa bahagia, meningkatkan serotonin yaitu hormon yang dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik dan melepaskan brain-derived neurotrophic factor (BDNF).

Dengan melakukan kegiatan ini Anda akan merasakan penambahan fokus dan produktivitas, meningkatkan energi serta mengurangi stres.

2. Reflect / Refleksi Diri

20 menit selanjutnya dapat Anda gunakan untuk refleksi diri. Lakukan kegiatan yang menenangkan dan memberi perasaan damai seperti membuat jurnal, rencana harian, meditasi, menuliskan daftar rasa syukur, merenung hingga berdoa. Manfaat yang akan Anda dapatkan adalah ketenangan yang akan Anda peroleh sehingga Anda akan memiliki sikap yang positif, termasuk kreativitas Anda yang terus bertumbuh.

3. Growth / Bertumbuh

Di bagian 20 menit terakhir ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan kegiatan yang membuat Anda bertumbuh. Kajilah target yang hendak dicapai dan lakukan kegiatan yang dapat menambah pengetahuan Anda seperti membaca buku, mendengarkan podcast, hingga mempelajari sesuatu. Kegiatan di 20 menit terakhir ini akan memperdalam pemahaman Anda dalam melihat sesuatu dan meningkatkan percaya diri juga keahlian dan pengetahuan Anda. (*)

Tags bangun pagiBagikan

RELATED NEWS