Resep Berkharisma

Pratiwi - Sabtu, 15 April 2023 14:42 WIB
ilustrasi | freepik

JAKARTA (sijori.id) - Apakah ada rahasia jitu untuk menjadi seseorang yang berkarisma? Melansir dari laman Psychology Today, Jumat, 14 April 2023 sebuah studi yang berfokus meneliti tentang karisma mendapatkan hasil bahwa karisma dipengaruhi oleh sesuatu yang sederhana: ketangkasan mental dan fokus.

Ketangkasan mental dapat meningkatkan persepsi orang lain tentang karisma Anda. Semakin cepat Anda merespon sesuatu pada saat itu juga, maka semakin karismatik pula Anda.

Orang yang berfokus pada topik dan momen tertentu dapat merespon kejadian dengan lebih cepat. Fokus emosional juga mampu menghasilkan karisma yang kuat karena kita tidak dapat mengalihkan pandangan dari emosi yang kuat.

Orang-orang dapat dengan mudah merasakan emosi orang lain bahkan ketika mereka tidak mengtakan sepatah katapun. Nick Morgan Ph.D, seorang pelatih komunikasi mencontohkan kejadian ketika Anda sangat antusias karena kejadian di sekolah dan berminat menceritakannya dengan orang tua di rumah.

Tepat ketika sampai di rumah, sebelum mengucapkan satu patah katapun, orang tua Anda sudah bertanya apa yang terjadi. Hal ini terjadi karena mereka dapat merasakan emosi yang tergambar jelas dari diri Anda.

Selanjutnya Nick juga menyarankan latihan yang dapat membuat Anda memiliki fokus emosional. Yaitu dengan memfokuskan kelima indera saat Anda mencoba mengingat seperti apa perasaan, bau, rasa, penampilan dan suara suatu kejadian. Dengan latihan ini, Anda dapat menyelami fokus emosional dengan lebih cepat.

Di akhir tulisannya, Nick juga menyimpulkan bawa karisma adalah fokus. Fokus mempercepat waktu respon Anda dan fokus pada emosi d situasi tertentu. Di situlah kekuatan karisma berasal. (*)

Tags kharismaBagikan

RELATED NEWS