Roti Gembong, Kudapan Asal Kaltim yang Kondang di Yogyakarta

Pratiwi - Minggu, 19 September 2021 22:29 WIB
Roti gembong, kuliner asal Kutai Kartanegara menjadi makanan hits di Jogja.


BANTUL, (sijori.id) – Dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur jajan ini tiba di Yogyakarta.

Roti gembong, namanya. Roti panjang serupa roti sobek ini hits banget di Yogyakarta.

Konon, roti gembong berasal dari kudapan keluarga kerajaan Kutai Kartanegara. Tak heran jika jajanan ini dari dulu begitu popular di Kota Kutai Kartanegara.

Sekilas, roti ini tampak seperti roti sobek biasa. Dalam satu kotak roti gembong, terdapat 6 potongan. Lalu, mengapa disebut roti gembong? Ternyata nama gembong ini mengacu pada tekstur roti yang tampak mengembang di bagian atasnya.

Itulah sekilas mengenai roti gembong. Dengan berbagai modifikasi, harga yang pas di kantong, dan kemasan keren, Roti Gembong Gedhe berhasil menjadikan roti gembong ini sebagai kuliner yang hits dan diburu banyak orang di Yogyakarta dan kota-kota lain di Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Ya, Roti Gembong Gedhe memang menjadi pionir roti gembong di Yogyakarta. Makanan ini menjadi buruan banyak orang karena harganya sangat terjangkau, hanya berkisar Rp15.000-Rp17.000.

Ada beragam menu di Roti Gembong Gedhe. Semua rasanya pas dilidah dan nggak bikin enek. Ada banyak variasi toping di Roti Gembong Gedhe ini, diantaranya Roti Gembong Nucomaltine, Roti Gembong Oreo, Roti Gembong Coklat, Roti Gembong Real Fruit Durian, Roti Gembong Spesial Abon Mayo Pedas, Roti Gembong Spesial Abon Mayo Original, Roti Gembong Spesial Banana Milk, Roti Gembong Spesial Butter Cream, dan Roti Gembong Spesial Susu Keju.

Selain itu juga ada Roti Gembong Spesial Red Velvet, Roti Gembong Spesial Coklat Kacang, Roti Gembong Blueberry, Roti Gembong Durian, Roti Gembong Green Tea, Roti Gembong Strawberry, Roti Gembong Susu, dan Roti Gembong Tiramisu.

RELATED NEWS