RSUP dr. Ben Mboi Kupang, RS Terbesar di Kawasan Timur Indonesia

Pratiwi - Rabu, 06 Desember 2023 22:03 WIB
Presiden Jokowi meresmikan RSUP dr. Ben Mboi Kupang, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 6 Desember 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Ben Mboi Kupang, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 6 Desember 2023. Rumah sakit tersebut diklaim menjadi yang terbesar di kawasan Indonesia Timur, utamanya NTT.

Presiden tampak didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam peresmian. “Menempati lahan seluas kurang lebih 14 hektare dan bangunannya sendiri 35.000m²,” kata Jokowi dalam sambutannya, dipantau secara daring melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Pada kesempatan itu, Presiden memuji fasilitas modern yang melekat pada RSUP tersebut. “Saya lihat juga alkesnya super modern. Tadi saya lihat MRI, saya lihat CT Scannya,” puji Presiden. Saking modernnya, Presiden berpikir apakah nanti ada yang bisa mengoperasikan alat tersebut. “Nanti bisa kerja sama dengan rumah sakit yang lain,” lanjutnya.

Presiden mengungkapkan harga satu unit CT Scan di RSUP tersebut mencapai Rp20 miliar. “Ini yang harus terus kita rawat dan semoga ini menjadi infrastruktur kesehatan di NTT,” pesan Presiden Jokowi.

Keberadaan RSUP dr. Ben Mboi di Kupang itu diharapkan dapat memberikan fasilitas kepada masyarakat sehingga tidak perlu pergi jauh ke Jakarta untuk mendapatkan layanan kesehatan yang mumpuni. “Cukup di sini semuanya bisa ditangani,” kata Presiden.

Dirinya mengatakan penambahan penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) utamanya yang dokter spesialis dan Sub spesialis memang yang paling penting untuk dilakukan di RSUP tersebut. “Harus dikejar agar kekurangan yang ada bisa segera dipenuhi,” tuturnya.

Pembangunan RSUP dr. Ben Mboi menelan biaya yang tidak sedikit, mencapai ratusan miliar. “Rumah sakit ini menghabiskan kan anggaran kurang lebih Rp420 miliar. Tepuk tangan dong ini anggaran gede banget Rp420 miliar itu enggak ada tepuk tangan,” kata Presiden. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada DPR RI atas persetujuan pembangunan RSUP itu.

Profil RS

Sebagai Informasi, pembangunan RSUP dr. Ben Mboi dilakukan kolaborasi BUMN yakni PT Hutama Karya dan PT Pembangunan Perumahan (PT PP). Bangunan ini dibangun selama 744 hari kalender dan rampung digarap pada 15 Desember 2022, dikutip dari laman resmi PT Hutama Karya, Rabu.

RSUP dr. Ben Mboi terdiri dari 7 bangunan utama dan 9 bangunan penunjang. Fasilitas yang tersedia di RSUP ini meliputi 210 tempat tidur yang terdiri dari 162 tempat tidur, 36 tempat tidur perawatan intensif (ICU, CVCU, NICU, PICU), dan 12 tempat tidur perawatan PIE.

Kapasitas tampungnya yaitu 250 pasien rawat inap (tipe B). Ke depan direncanakan akan menjadi tipe A dengan menambah 250 tempat tidur sehingga dapat menampung hingga 500 pasien rawat inap. (*)

RELATED NEWS