Sekali Lagi, Manfaat Minum Teh

Pratiwi - Minggu, 08 Oktober 2023 21:49 WIB
Teh hitam

(sijori.id) - Konsumsi teh kini tidak sekedar memberikan kehangatan atau meredakan hidung tersumbat karena flu. Menurut sebuah studi baru yang mengamati regulasi gula darah, teh hitam dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Disampaikan pada Pertemuan Tahunan The European Association for the Study of Diabetes (EASD) di Hamburg, Jerman,minum teh hitam dapat mencegah prediabetes dan diabetes tipe 2 seperti dilansir dari Health News.

Para peneliti dari Universitas Adelaide di Australia dan Southeast University di China mengobservasi dua kelompok orang, yaitu mereka yang tidak mengonsumsi teh dan mereka yang minum teh hitam setiap hari. Dari dua kelompok ini, orang-orang yang merupakan konsumen harian teh hitam mengalami penurunan risiko prediabetes sebesar 53% dan risiko diabetes tipe 2 sebesar 47%.

Temuan tersebut tetap berlaku meskipun faktor-faktor risiko diabetes lainnya seperti usia, jenis kelamin, etnis, dan indeks massa tubuh telah diperhitungkan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa minum teh hitam dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan resistensi insulin.

Peneliti meyakini bahwa manfaat teh hitam terletak pada proses fermentasinya, yang melibatkan mikroba. Proses ini menghasilkan senyawa-senyawa bioaktif dalam teh yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa-senyawa ini mempengaruhi peningkatan insulin, meningkatkan fungsi pankreas, dan juga menggantikan bakteri-bakteri di saluran pencernaan.

Peneliti sekarang akan melanjutkan dengan uji coba secara acak pada individu yang menderita diabetes tipe 2 untuk meneliti lebih lanjut dampak teh hitam pada kondisi medis mereka.

Meskipun demikian, perlu dicatat hasil penelitian tersebut tidak berarti minum teh hitam setiap hari akan menjadi obat penyembuhan diabetes. Namun tetap dipercaya dapat memberikan kontribusi positif dalam mengurangi risiko diabetes.

Untuk itu, setiap individu tetap harus mengelola atau mengurangi risiko diabetes tipe 2 dengan menerapkan pola konsumsi yang bergizi dengan tidak mengonsumsi makanan ultra processed dan banyak meminum air putih untuk mengurangi risiko dehidrasi yang dapat meningkatkan kadar gula darah. (*)

Tags tehBagikan

RELATED NEWS