Selain Mendoan, Purwokerto Punya Soto Sokaraja

Pratiwi - Sabtu, 01 Juli 2023 23:19 WIB
Soto Sokaraja

PURWOKERTO (sijori.id) - Purwokerto tidak hanya menyimpan tempe mendoan sebagai ciri khas dan primadona kuliner. Kudapan khas yang dapat ditemui selain tempe mendoan yaitu Soto Sokaraja.

Kuliner ini dapat dengan mudah ditemui di Kota Purwokerto. Selain di Kota Purwokerto sendiri, Soto Sokaraja juga sangat mudah ditemui di daerah asalnya yaitu di Sokaraja. Daerah ini persis terletak kurang lebih 8 kilometer di sebelah timur Kota Purwokerto. Banyak penjual Soto Sokaraja berjajar di kawasan ini.

Kuliner unik ini berbahan dasar kurang lebih hampir sama dengan soto pada umumnya. Soto ini menggunakan irisan daging sapi yang dipotong dadu atau daging ayam yang disuwir sebagai isian. Isian tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu bening yang gurih. Pada bagian atasnya terdapat irisan tomat, daun bawang, bawang goreng, serta kerupuk sebagai pelengkap dan penambah cita rasa pada soto.

Keunikan dari soto ini terletak pada penyajian dan pelengkap makannya. Bila pada umumnya soto disajikan untuk dimakan bersama nasi sebagaimana yang sering dijumpai, hal ini berbeda dengan Soto Sokaraja. Kuliner yang termasuk jenis soto ini disajikan dan dimakan bersama dengan irisan ketupat sebagai pengganti dari nasi. Cukup berbeda jika dibandingkan dengan makan soto jenis lainnya seperti Soto Lamongan, Soto Betawi dan lain sebagainya yang menggunakan nasi.

Selain menggunakan ketupat dalam penyajiannya, Soto Sokaraja juga menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkap dan penambah rasa pada sajiannya. Ibarat kata, bumbu kacang pada Soto Sokaraja adalah bagaikan koya yang biasanya ada pada Soto Lamongan. Penambahan bumbu kacang akan membuat kuah pada soto menjadi sedikit lebih kental dan memberikan cita rasa gurih yang lebih nikmat.

Tidak hanya bumbu kacang, Soto Sokaraja juga menggunakan perasan jeruk nipis untuk menambah nikmat seperti kebanyakan soto pada umumnya. Agar lebih lengkap lagi ketika menyantap soto ini juga dapat dipadukan dengan lauk pendamping yang salah satunya adalah mendoan yang masih hangat. Perpaduan yang cocok antara semangkok Soto Sokaraja yang sedap dan tempe mendoan yang gurih. (*)

Tags soto sokarajaBagikan

RELATED NEWS