Sensasi Pedas di Warung Sega Sambal Mak Yeye

Pratiwi - Sabtu, 02 Oktober 2021 22:03 WIB
Sego Sambel Mak Yeye bisa menjual ratusan porsi setiap harinya.

SURABAYA (sijori.id) - Makan nasi sama sambal, apa enaknya?

Bila penasaran sila nikmati Sega Sambel Mak Yeye. Sega ialah nasi, "ga" dibaca "go" pada kata "gotong".

Orang Surabaya dan sekitarnya pasti sudah hafal di mana lokasinya dan jam berapa bukanya.

Dulu, warung milik Supiati (Mak Yeye) ini buka di atas pukul 21.00 WIB dan tutup dini hari. Saat itu masih di emperan toko di kawasan Pasar Wonokromo. Buka malam karena menunggu toko tutup.

Tapi sekarang setelah menempati ruko di dekat lokasi jualan, Sega Sambel Mak Yeye buka mulai sore hingga pukul 24.00 WIB.

Yang membuat warung ini dikenal karema sambalnya pedas menyengat. Belum ngetren sambal pedas dengan tingkatan level seperti sekarang, Mak Yeye sudah menyediakan racikan cabai dan tomat yang bikin mata penikmatnya mengeluarkan air mata.

"Jangan tanya sensasinya makan sambel Mak Yeye, nangis, nangis," kata Rudianto, salah satu warga Surabaya seperti dilansir halojatim.com.

Mak Yeye sebagai ikon dari warung makan ini tetap menjadi salah satu tempat jujukan menyuka pedas. Walau sekarang, Mak Yeye sudah tidak terlibat langsung, namun ciri khas sambal pedasnya masih tetap bikin nagih arek-arek Suroboyo. Bahkan tempat itu menjadi salah satu rujukan para tamu yang bertandang ke Kota Pahlawan.

Padahal Sego Sambel Mak Yeye hanya menyediakan menu sederhana. Nasi putih, dengan lauk telor dadar, tempe, ikan pe (panggangan ikan pari) dan lele goreng serta sambal tomat.

Tidak ada lalapan, tidak ada ayam dan bebek goreng, tapi pembelinya selalu antre. datang silih berganti. "Karena sambalnya itu, enak dan banyak banget," tambah Rudi.

Rosita, salah satu karyawan Mengatakan walau pandemi, peminat tetap tidak menurun. Setiap hari lebih dari 500 porsi lebih terjual.

"Kalau malam minggu atau hari libur, masak nasinya satu kuintal lebih," ujar Rosi yang juga keponakan Mak Yeye.

Selain sambal yang terkenal, harga per porsinya sangatlah terjangkau antara Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

"Kami hanya melayani pembeli yang datang ke warung, tidak bekerja sama dengan aplikasi ojek online. Karena yang datang terlalu banyak, khawatir tidak bisa dilayani dengan baik kalau melayani online," kata Rosi.

Jadi yang lagi 'ngidam' Sega Sambal Mak Yeye bisa ke warungnya di samping Pasar Wonokromo (Darmo Trade Center/DTC) mulai pukul 16.00 - 24.00 WIB.

Tags Mak Yeyesensasi Bagikan

RELATED NEWS