Seorang Remaja, 3 Jam Terapung di Laut

Pungki - Senin, 30 Juli 2021 06:49 WIB
Ridho Ilhami (tengah) seusai diselamatkan kru KRI KRI Sembilang-850. (sumber: TNI AL)

JAKARTA (sijori.id) - Ridho Ilhami (14) jatuh dari kapal penyeberangan rute Kronjo Banten menuju Pulau Harapan, di Perairan Kepulauan Seribu, Jumat (18/6/2021).

Ia, sendirian, terapung di tengah laut sendirian 45 KM  dari daratan Banten selama lebih kurang 3 jam.

Beruntung kapal perang TNI AL, KRI Sembilang-850 melintas saat sedang melaksanakan patroli rutin di perairan Barat Laut  Pulau Laki.

Ada kontak visual di haluan lambung kiri dengan jarak lebih kurang 100 meter benda terapung.

Setelah didekati ternyata seorang anak kecil berenang di tengah laut sendirian. Ia Ridho hanya mengapung tanpa alat bantu.

KRI Sembilang-850 pun menurunkan sekoci menolong Ridho. Kondisi Ridho dalam keadaan baik dan sehat.

Ridho, selanjutnya diserahkan ke Posal Untung Jawa untuk dikembalikan ke keluarganya.

TNI Angkatan Laut melalui Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono , mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, memberi apresiasi kepada Ridho Ilhami atas ketangguhan mental dan keberaniannya sehingga mampu bertahan selama kurang lebih 3 jam di laut ketika .

Apresiasi TNI AL kepada Ridho berstatus pelajar yang didampingi kedua orang tuanya tersebut berupa tabungan, bingkisan dan sepeda yang dilaksanakan di hanggar heli KRI Semarang-594, Senin (21/6/2021).

“TNI AL mengapresiasi atas ketangguhan mental dan keberaniaannya di lautan yang medan tugas sama dengan kita, inilah yang kita apresiasi, apalagi anak ini bercita-cita menjadi TNI AL, kita perlu bantu karena mentalnya sudah tidak diragukan,” ujar Wakasal saat memberikan sambutan.

Tidak hanya memberikan apresiasi ke Ridho saja, Wakasal juga memberikan apresisasi dan rasa bangga kepada prajurit KRI Sembilang-850 yang telah dengan sigap dan cekatan dapat membantu masyarakat yang sedang kesulitan. Apresiasi kepada prajurit ini diterima langsung Komandan KRI Sembilang-850 Mayor Laut (P) Nanang Khunaifi.


Turut menyaksikan pemberian apresiasi ini Panglima Komando Armada I, Laksamana Muda  TNI Abdul Rasyid K; Panglima Kolinlamil, Laksamana Muda TNI Irvansyah; M.Tr. Opsla dan para pejabat Mabesal serta Danlantamal III. (*)

Tags tni alBagikan

RELATED NEWS