Serangan Israel Hantam Rumah di Rafah

Pratiwi - Selasa, 19 Desember 2023 18:57 WIB
Bendera Palestina

Pejabat kesehatan Gaza pada Selasa, 19 Desember 2023, mengatakan rudal dan serangan udara Israel di wilayah Rafah di Gaza selatan menghantam tiga rumah dan menewaskan sedikitnya 20 warga Palestina.

Puluhan ribu pengungsi Palestina berdesakan di Rafah di perbatasan Gaza dengan Mesir untuk menghindari pemboman Israel lebih jauh ke utara, meskipun ada kekhawatiran bahwa mereka juga tidak akan aman di sana.

Penduduk mengungkapkan, selasa pagi, penduduk di Khan Younis, sebuah kota yang juga berada di Gaza selatan, melaporkan baku tembak sengit antara pejuang Hamas militan dan pasukan Israel. Tank dan pesawat Israel membom daerah-daerah di dekat pusat kota.

Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada hari Senin, 18 Desember 2023, rumah sakit Kamal Adwan di Gaza utara yang digerebek pasukan Israel minggu lalu tidak lagi berfungsi dan pasien termasuk bayi telah dievakuasi.

“Kami tidak bisa kehilangan rumah sakit,” kata Richard Peeperkorn, perwakilan WHO untuk Gaza, dikutip dari Reuters, Selasa, 19 Desember 2023.

Peeperkorn juga mengatakan sekitar 4.000 pengungsi yang berada di kompleks medis Nasser di Khan Younis berisiko karena Israel melakukan operasi militer di sana.

Kementerian kesehatan Gaza mengatakan pada Senin, 19.453 warga Palestina telah tewas dan 52.286 luka-luka dalam serangan Israel terhadap daerah yang dikuasai Hamas dalam lebih dari dua bulan peperangan.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, telah berjanji untuk meraih kemenangan total atas Hamas, yang pejuangnya menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang dalam serangan mendadak pada 7 Oktober di Israel, menurut perhitungan Israel.

Pembalasan Israel yang semakin intensif terhadap Hamas telah meningkatkan kekhawatiran di antara pemerintah dan organisasi internasional terkait jumlah kematian warga sipil, kelaparan, dan kehilangan tempat tinggal.

Raed, seorang ayah empat anak berusia 45 tahun yang telah memindahkan keluarganya dua kali, mengatakan warga Gaza merasa lelah mencoba bertahan hidup.

“Uang telah kehilangan nilainya, sebagian besar barang tidak tersedia. Kami bangkit dari tempat tidur kami setelah selamat dari pemboman malam untuk berkeliling mencari makanan, kami lelah,” katanya di daerah Rafah. “Kami menginginkan perdamaian, gencatan senjata, apapun namanya, tapi tolong hentikan perang.”
AS Pimpin Patroli Laut Merah

Amerika Serikat mengatakan beberapa negara telah sepakat untuk bersama-sama melakukan patroli di Laut Merah selatan dan Teluk Aden untuk mencoba melindungi pengiriman komersial dari serangan gerakan Houthi Yaman. Hamas dan Houthi sama-sama bersekutu dengan Iran.

Houthi telah meningkatkan serangan terhadap kapal-kapal di Laut Merah untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap Hamas. Serangan tersebut, yang menargetkan jalur perdagangan Timur-Barat, khususnya minyak, yang menggunakan Terusan Suez untuk menghemat waktu dan biaya mengelilingi Afrika, telah mendorong beberapa perusahaan pelayaran untuk mengubah rute kapal.

Laut Merah terhubung ke Mediterania oleh Terusan Suez, jalur perdagangan Timur-Barat utama dunia, yang membawa sekitar 12% lalu lintas pengiriman dunia. Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, dalam kunjungan ke Bahrain, mengidentifikasi beberapa negara yang ikut serta dalam kekuatan internasional.

Tidak jelas apakah negara-negara tersebut bersedia melakukan apa yang kapal perang Amerika Serikat lakukan dalam beberapa hari terakhir—menembak jatuh rudal dan pesawat tak berawak Houthi serta memberikan bantuan kepada kapal komersial yang diserang.

“Ini adalah tantangan internasional yang memerlukan tindakan kolektif. Oleh karena itu, hari ini saya mengumumkan pembentukan Operation Prosperity Guardian, inisiatif keamanan multinasional baru yang penting,” kata Austin dalam pernyataannya pada Selasa.

Ini mengidentifikasi negara-negara peserta yang dipimpin oleh Amerika Serikat termasuk antara lain Bahrain, Inggris, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol.

Houthi telah mengarungi konflik Israel-Hamas dengan menyerang kapal-kapal di jalur pelayaran penting dan bahkan menembakkan pesawat tak berawak dan rudal ke Israel, lebih dari 1.000 mil dari pusat kekuasaan mereka di ibu kota Yaman, Sanaa.

Houthi telah mengancam akan menargetkan semua kapal yang menuju ke Israel, terlepas dari kewarganegaraan mereka, dan memperingatkan perusahaan pelayaran internasional agar tidak berurusan dengan pelabuhan Israel.

Mohammed al-Bukhaiti, anggota politbiro Houthi, mengatakan kepada Al Jazeera pada Senin, kelompoknya akan dapat menghadapi koalisi pimpinan AS mana pun yang dapat dikerahkan ke Laut Merah. (*)

Tags IsraelPalestinaBagikan

RELATED NEWS