Setahun Taman Rusa, Sekupang, Batam

Pratiwi - Sabtu, 25 Maret 2023 22:17 WIB
null

BATAM (sijori.id) - Taman Rusa bersiap menjadi salah satu ikon wisata baru di Kepulauan Riau. Pembangunan Taman Rusa mengusung konsep smart dan green garden. "Pembangunan tahap ketiga sudah selesai, saat ini masuk pembangunan tahap keempat," kata General Manager Hunian Gedung, Agribisnis, dan Taman BP Batam, Herawan.


Ia mengatakan, pembangunan tahap ketiga itu mulai dari pembuatan kolam koi, air mancur dan perbaikan area jogging track. Tahap keempat, akan dibangun sebuah teater.


Taman rusa diresmikan 18 Maret 2022. Dari pengelolaan Taman Rusa Sekupang ini, BP Batam menghasilkan uang sebesar Rp 2,7 miliar. "18 Maret sampai 31 Desember 2022, keuntungan sebesar Rp 2,36 miliar. Sedangkan di Januari hingga Maret 2023 ini, sudah mencapai Rp 360 juta," ucap Herawan.


Hal ini diungkapkan oleh Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam, Binsar Tambunan. Kenapa disebut destinasi edukasi, karena banyaknya pelajar mengunjungi Taman Rusa setiap akhir pekan.


Banyak hal bisa dipelajari masyarakat atau pelajar. Mulai dari teknik budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, tanaman langka, cara membuat pupuk kompos, sawah, serta sistem daur ulang air hingga listrik dari tenaga surya menjadi pelajaran penting yang bakal didapat.


"Ini kami harapkan akan menjadi satu loncatan kedepannya, sehingga Taman Rusa ini semakin maju," ucap Binsar. (*)

Tags taman rusaBagikan

RELATED NEWS