Setelah Keguguran 8 Kali, Rosa, Badak Sumatera, Melahirkan

Pratiwi - Selasa, 29 Maret 2022 16:38 WIB
null


LAMPUNG (sijori.id) - Rosa namanya. Ia bukan seorang wanita ia ialah betina. Rosa ialah seekor badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) betina yang yang tinggal di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung.

Pada 24 Maret 2022, lalu, ia melahirkan seekor anak betina. Sebuah proses panjang untuk persalinanya.

Tercatat badak Rosa sudah delapan kali mengalami keguguran sejak pertama bunting sampai tahun 2020.

Kelahiran kali ini merupakan kehamilan kesembilan. Dengan masa kehamilan 476 hari. Rosa hamil sejak Desember 2020 hingga Maret 2022.

Kementerian LHK membagi video proses persalinan Rosa. Nampak tidak mudah. Secara mandiri Rosa mengeluarkan calon bayinya.

Ada 4 petugas yang membantu.

Hap, Rosa berhasil melahirkan. Petugas meletakkan bayi Badak Rosa ditanah, membiarkan Rosa melakukan tugas seekor induk Badak.

Rosa menjilat-jilat tubuh anaknya. Tak lama kemudian, anak Rosa pun bangkit, berdiri.

Penantian Panjang Rosa

Sejak tahun 2004, badak Rosa sering muncul di jalan, kebun, kampung dan bertemu dengan kendaraan serta manusia di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Perilaku badak Rosa yang tidak takut dengan manusia berpotensi mengancam keselamatannya, serta kemungkinan terjangkit penyakit dari hewan ternak. Untuk itu, diputuskan bahwa badak Rosa perlu diselamatkan dan ditranslokasi. Sejak 25 November 2005, badak Rosa mulai menempati SRS TNWK.

Program reproduksi badak Rosa menemui tantangan disebabkan perilakunya yang lebih merasa aman ketika dekat dengan manusia. Kurangnya intensitas perkawinan dan tidak bunting dalam waktu bertahun-tahun, sehingga memicu munculnya fibroid rahim (myom).

Sejak dipindahkan ke SRS TNWK pada tahun 2005, badak Rosa baru bisa dikawinkan sekitar tahun 2015 dan berhasil mendapatkan kebuntingan pertama pada tahun 2017. Tercatat badak Rosa sudah delapan kali mengalami keguguran sejak pertama bunting sampai tahun 2020.

Kelahiran anak badak Sumatera ini menunjukkan kepada dunia keberhasilan upaya konservasi spesies mamalia besar. (*)

BERITA SELANJUTNYA: Kisah Kelahiran Anak Badak Sumatera

Editor: Pratiwi
Tags badak sumaterarosaBagikan

RELATED NEWS