Setiadi Reksoprodjo Menteri Termuda yang Pernah Dimiliki Indonesia

Pratiwi - Selasa, 04 April 2023 16:21 WIB
Setiadi Reksoprodjo.

JAKARTA (sijori.id) — Indonesia pernah memiliki menteri dengan usia yang jauh lebih muda dari Dito Ariotedjo. Dia adalah Setiadi Reksoprodjo. Setiadi ditunjuk sebagai Menteri Penerangan oleh Presiden Soekarno di Kabinet Amir Sjarifuddin pada 3 Juli 1947, dikutip dari perpusnas.go.id. Saat itu anggota Partai Sosialis Indonesia tersebut baru berusia 25 tahun 7 bulan. Lima bulan kemudian, Amir Sjarifuddin menggeser Setiadi menjadi Menteri Muda, bertukar posisi dengan Sjahbuddin Latief.

Bahkan, Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Menteri Penerangan pada kabinet ke-5 RI, Setiadi Reksoprodjo, sebagai menteri termuda sepanjang sejarah RI pada Sabtu 11 Maret 2023, lalu.

Sebelum menjabat menteri, Setiadi dikenal sebagai figur yang konsisten memperjuangan kemerdekaan Indonesia lewat strategi gerilya. Dia menjadi Ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia wilayah Cirebon dan turut andil dalam tercetusnya Proklamasi Kemerdekaan. Ketua Pemuda Sosialis Indonesia di Cirebon itu juga dikenal sebagai loyalis Soekarno.

Setiadi kemudian menjadi pengusaha usai Kabinet Amir dibubarkan pada 29 Januari 1948. Pada periode 1966 sampai 1977, Setiadi sempat ditahan tanpa proses pengadilan atas perintah Jenderal Soeharto setelah Soekarno didesak menerbitkan Surat Perintah 11 Maret 1966. Setiadi yang meninggal dunia 28 Juli 2010 sempat mendirikan Paguyuban Korban Orde Baru (Pakorba) setelah reformasi.

Dia juga sempat menjadi Penasehat Delegasi LSM HAM Indonesia ke Sidang United Nations - High Commission on Human Rights (UN-HCHR) di Jenewa, Swiss tahun 2003 untuk membela korban pelanggaran HAM masa lalu. Pada Maret 2023, Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) memberikan rekor penghargaan kepada Setiadi Reksoprodjo sebagai menteri termuda sepanjang sejarah RI. “Semangat Soekarno sangat terlihat pada diri Setiadi,” ujar anggota Dewan Pertimbangan Presiden yang juga ajudan terakhir Soekarno, Sidarto Danusubroto.

Era kini, baru-baru ini Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali. Dito yang baru menginjak 33 tahun pada tahun ini pun menjadi menteri termuda dalam kabinet Joko Widodo.

Kader muda Golkar ini “mengalahkan” Nadiem Makarim yang ditunjuk menjadi Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi saat usianya 35 tahun pada Oktober 2019. Usut punya usut, ternyata (*)

Tags Setiadi ReksoprodjoBagikan

RELATED NEWS