Siomay, Best Dumpling 2024

Pratiwi - Sabtu, 20 April 2024 16:48 WIB
Seporsi Siomay Mang Edy

JAKARTA (sijori.id) - Kuliner siomay yang populer di Indonesia baru-baru ini dinobatkan sebagai “Best Dumpling” atau dumpling terenak versi TasteAtlas 2024.

Untuk diketahui, TasteAtlas adalah sebuah media online yang didirikan oleh jurnalis dan pengusaha asal Kroasia, Matija Babic.

TasteAtlas mengulas tentang berbagai hidangan tradisional, resep lokal dan restoran autentik dari seluruh dunia.

Meski tak pernah disebutkan siapa pemberi nilai makanan-makanan ini, namun dalam daftar Sup Terenak se-Asia 2020, TasteAtlas pernah menulis bahwa nilai sebuah makanan didapatkan dari kritikus restoran dan survei terhadap pembaca.

Dalam laporan TasteAtlas, siomay asal Indonesia berhasil menduduki peringkat 1 untuk daftar dumpling terenak di dunia.

Prestasi makanan yang identik dengan bumbu kacang dan rasa gurih ikan tengiri ini bahkan berhasil mengalahkan gyoza dan xialongbao yang terkenal lezat.

Nah, dalam artikel berikut ini, TrenAsia.com merangkum tempat berburu siomay yang enak nan lezat di kota Solo.

1. Siomay dan Batagor Mang Edy

Salah satu tempat makan yang terkenal dengan Siomay dan Batagor di Kota Solo adalah Mang Edy, yang berlokasi di Penumping. Siomay yang disajikan di sini memiliki rasa yang pas di lidah.

Bumbu kacangnya cukup kental dengan sedikit rasa pedas yang memberikan sensasi yang lebih menarik, terutama ketika disajikan dengan perasan jeruk sambel. Jeruk sambel ini biasanya hanya disertakan jika diminta oleh pelanggan.

Selain itu, rasa ikan tengiri dalam Siomay Mang Edy sangat terasa. Warung ini juga menyajikan menu Batagor selain Siomay.

Mang Edy sudah berdiri sejak tahun 2002. Pada awalnya, Siomay ini dijual di kaki lima, menempel di tembok rumah warga yang berdampingan dengan gerai Mang Edy seperti yang kita kenal sekarang.

2. Siomay Telkom

Siomay Telkom memiliki menu andalan yang viral yaitu Indomie batagor. Yaitu seporsi indomie yang dipadukan dengan batagor dan bumbu kacang yang sedap.

Meski terkenal karena batagornya, pilihan menu siomay di Siomay Telkom tak boleh dipandang sebelah mata. Dengan harga mulai dari Rp2 ribuan saja per biji Anda dapat menikmati lezatnya sajian “best dumpling” di dunia. Destinasi kuliner satu ini beralamat di Tanuragan 2 Gonilan, Kecamatan Kartasura.

3. Warung Siomay dan Batagor Mang Asep

Menu andalan di Warung Mang Siomay dan Batagor Mang Asep adalah siomay udang yang dicampur dengan berbagai sayuran seperti kentang hingga kol.

Berbekal Rp12 ribu saja, Anda sudah dapat menikmati seporsi siomay dengan ukuran yang lumayan besar.

Beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan No.45, Sondakan, Laweyan, Surakarta, Seporsi Siomay Mang Asep siap memanjakan lidah Anda dengan bumbu yang meresap sempurna ke dalam adonan siomay. (*)

Tags Best DumplingSiomayBagikan

RELATED NEWS