Stasiun Pompa Ancol Sentiong Dapat Jaga Elevasi Air

Pratiwi - Selasa, 12 Desember 2023 18:00 WIB
null

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan Stasiun Pompa Ancol Sentiong di Tanjung Priok, Jakarta Utara dapat menjaga elevasi air di wilayah tersebut yang sering terkendala pasang surut laut.

"Aliran sungai di wilayah ini sering terkendala oleh pasang surutnya air laut. Dengan adanya pompa ini kita bisa menjaga elevasi air, sehingga 7 kecamatan di Jakarta bisa terlindungi dari pasang air laut,” ujar Basuki pada Senin, 11 Desember 2023.

Wilayah Jakarta Utara, menurut Basuki, memiliki topografi rendah dan datar, sehingga rawan terendam banjir rob akibat pasang air laut dari Laut Jawa.

Upaya pengendalian banjir dilakukan melalui Pompa Ancol Sentiong, yang memompa air dari Kali Sentiong saat elevasinya tinggi dan mengalirkannya kembali ke Teluk Jakarta. Pembangunan Stasiun Pompa Ancol Sentiong merupakan kerja sama antara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan kontraktor PT Wika (Wijaya Karya) – PT Jaya Konstruksi KSO, dengan biaya sekitar Rp481,37 miliar.

Proyek ini meliputi pembangunan 5 pompa banjir tipe submersible berkapasitas 10 m3/detik, serta pembangunan tanggul dan normalisasi kali sepanjang 350 meter. Stasiun Pompa Ancol Sentiong berperan dalam mereduksi dan mengendalikan banjir di 8 titik yang tersebar di 7 kecamatan, meliputi luasan seluas 879 hektare.

Stasiun pompa Ancol Sentiong juga difungsikan untuk menggelontor kali yang tercemar pada sistem Kali Sentiong. Ketika saat hujan atau saat tidak digunakan untuk pengendalian banjir, pompa diaktifkan untuk menarik air di sepanjang Kali Sentiong termasuk Kali Item dan Kali Utan Kayu, sehingga air limbah yang kotor tersebut digelontorkan ke laut dan sungai menjadi lebih bersih.

Stasiun Pompa Ancol Sentiong merupakan bagian dari rencana induk pengendalian banjir Jakarta. Sebelumnya juga telah dibangun Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di hulu, serta Sodetan Ciliwung di tengah, untuk mengarahkan sebagian debit banjir Sungai Ciliwung ke Kanal Banjir Timur. Saat ini, proyek tersebut terus berlanjut dengan normalisasi Sungai Ciliwung dan pembangunan tanggul pantai di Jakarta Utara.

Presiden Joko Widodo secara resmi meresmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong yang terletak di Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Senin, 11 Desember 2023. (*)

Tags sentiongBagikan

RELATED NEWS