Strategi Nostalgia Marketing

Pratiwi - Rabu, 16 Agustus 2023 22:29 WIB
Ketahui Apa Itu Strategi Nostalgia Marketing dan Berbagai Contohnya

JAKARTA (sijori.id) - Nostalgia marketing atau pemasaran nostalgia adalah suatu strategi promosi yang bertujuan untuk membangkitkan perasaan atau asosiasi positif dengan masa lalu. Dalam jenis kampanye ini, marketer sengaja mereferensikan konsep, ide, peristiwa, atau tokoh tertentu yang sangat ikonik dengan dekade atau periode sebelumnya.

Tidak hanya itu, tim pemasaran kemudian juga turut menghubungkan simbol-simbol yang ada di masa lalu dengan produk, layanan, atau merek perusahaan saat ini.

Mengapa Nostalgia Marketing Bisa Sukses?

Nostalgia marketing adalah salah satu strategi yang cukup efektif untuk melibatkan orang-orang dan membawa mereka kembali menikmatis bisnis atau produk Anda. Ternyata, nostalgia marketing telah digunakan dalam periklanan dan desain selama bertahun-tahun. Anda juga bisa memanfaatkan nostalgia marketing sebagai strategi branding agar orang-orang menyukai produk Anda.

Inti dari strategi nostalgia marketing adalah menggali emosi, ingatan, dan pengalaman konsumen terhadap produk Anda. Nostalgia marketing dapat membantu Anda terhubung dengan pelanggan dan bisa membuat mereka kembali ke situs web atau toko Anda lebih sering.

Contoh Praktik Nostalgia Marketing

Beberapa perusahaan telah memanfaatkan faktor nostalgia dan berhasil memasukkannya ke dalam taktik pemasaran mereka. Berikut beberapa contohnya.

1. Crystal Pepsi dari Pepsi

Pada tahun 90-an, Pepsi merilis minuman baru yang disebut Crystal Pepsi yang dipasarkan sebagai soda paling populer yang bebas kafein dan pengawet. Setelah beberapa tahun produk ini dihentikan, merek tersebut memperkenalkan kembali produk tersebut untuk waktu yang terbatas pada tahun 2016.

2. Chicken McNuggets dari McDonald’s

Tampaknya semua orang menyukai nugget ayam dan McDonald’s tahu persis bagaimana memanfaatkannya. McDonald’s Chicken McNuggets adalah makanan pokok bagi banyak anak di tahun 1980-an, bahkan orang dewasa juga menyukainya.

Hampir empat dekade kemudian, pada tahun 2020, McDonald’s kembali meluncurkan produk tersebut. Saat ini, McDonald’s menyimpan McNuggets di menu sebagai salah satu penawaran utamanya.

3. Viennetta

Viennetta adalah salah satu produk es krim yang beberapa tahun lalu menjadi tren kembali. Viennetta sendiri sebetulnya sudah rilis lama pada awal tahun 2000-an. Akan tetapi, produk ini memiliki harga yang cukup mahal sehingga anak-anak biasanya tidak bisa membelinya.

Anak-anak yang dulu tidak bisa membelinya sekarang sudah tumbuh dewasa dan tampaknya menginginkan menikmati es krim yang dikenal dengan brandingnya yang mewah tersebut. Tidak mengherankan ketika es krim Viennetta dihadirkan kembali pada tahun 2020 lalu, banyak toko yang sampai kehabisan stok karena naiknya minat para pembeli. (*)

RELATED NEWS