Thailand Mencatat 17,57 Juta Kunjungan Turis Asing sejak Januari 2023

Pratiwi - Rabu, 30 Agustus 2023 21:15 WIB
Objek wisata Wat Arun di Thailand.

THAILAND (sijori.id) - Thailand mencatat 17,57 juta kunjungan turis asing sejak Januari 2023. Data ini dipaparkan oleh Kementrian Pariwisata dan Olahraga setempat. Angka ini meningkat drastis dari tahun kemarin yang mencatatkan kunjungan turis asing sebanyak 3,78 juta dari Januari hingga 17 Agustus.

Negara yang menggantungkan pemasukan pada pariwisata ini menargetkan kedatangan turis asing 28 juta sepanjang tahun 2023. Dikutip dari Reuters, meskipun perekonomian negara yang didorong oleh pariwisata ini diperkirakan akan meningkat secara bertahap, jumlah pengunjung masih jauh di bawah tingkat sebelum pandemi. Thailand diperkirakan menerima 29 juta wisatawan tahun ini, turun dari 40 juta pengunjung pada tahun 2019, setahun penuh terakhir sebelum pandemi COVID-19.

Ekspor, yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi, telah mengalami kontraksi sejak Oktober 2022, yang menunjukkan lemahnya permintaan global, terutama dari Tiongkok, mitra dagang terbesar Thailand.

“Pemulihan pariwisata asing yang sedang berlangsung di tengah kembalinya pengunjung termasuk dari Tiongkok, dan ketahanan konsumsi swasta mendukung ekspansi ekonomi,” tulis Chua Han Teng, ekonom di DBS.

“Namun, penurunan ekspor barang dagangan, meskipun stabil, terus menghambat pertumbuhan utama, dan menghambat peningkatan pertumbuhan yang lebih kuat pada kuartal kedua 2023, mengingat lingkungan ekonomi global yang penuh tantangan.”

Pertumbuhan diperkirakan rata-rata 3,7% tahun ini, sejalan dengan perkiraan Bank Sentral Thailand, dan 3,8% pada tahun 2024, menurut jajak pendapat terpisah Reuters . (*)

Tags ThailandBagikan

RELATED NEWS