Tim Business Development ATB, Mitra Terbaik Sehatkan PDAM Indonesia

Pratiwi - Rabu, 20 Januari 2021 05:17 WIB
Manager IT and System ATB, Jamaluddin memperlihatkan teknologi SPARTA Smart Solution kepada tim PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Magelang belum lama ini. undefined

BATAM (sijori.id) - Komitmen PT Adhya Tirta Batam (ATB) untuk terus berkontribusi aktif dalam upaya peningkatan kualtias layanan air bersih di Indonesia kian besar. Perusahaan telah membentuk tim Business Development (BD), yang khusus bekerja untuk membantu PDAM yang ada di Indonesia.

Tim BD yang dibentuk oleh ATB berisi para profesional yang telah malang melintang di industri pengelolaan air bersih. Mereka adalah tim andalan ATB, yang telah membuktikan diri dengan membawa perusahaan mendapat predikat perusahaan air bersih terbaik di Indonesia.

"Tim ini siap bekerja keras untuk membantu PDAM Indonesia meningkatkan kualitas layanannya," ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Selasa (19/1/2021).

Dari segi kualifikasi, tentu tim BD ATB tidak perlu diragukan. Bersama mereka, ATB berhasil membangun sistem cerdas berbasis digital dan menjadi perusahaan pertama yang menerapkan Smart Water Management System.

Tidak hanya itu, ATB juga menjadi satu-satunya perusahaan air bersih pertama yang mampu membangun sistem cerdas berbasi Internet of Things (IoT) dengan sumberdaya mandiri, dan tanpa dibantu oleh konsultan.

Sistem cerdas bernama Sparta Smart Solution ini telah mendapat paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI, dan menjadi satu-satunya sistem cerdas yang mendukung industri pengelolaan air bersih secara terintegrasi yang ada di Indonesia.

"Inilah yang ingin kami tularkan kepada PDAM di Indonesia, agar kualitas pelayanan air bersih kita meningkat pesat," jelas Maria.

Menurut catatan Kementerian PUPR, ada sekitar 146 PDAM di Indonesia dinyatakan kurang sehat hingga sakit. Sejumlah penyebabnya adalah disebabkan aspek teknis, hingga rendahnya efektifitas penagihan rekening air di PDAM tersebut.

Di sisi lain, ATB telah berhasil menyelesaikan masalah tersebut saat menjadi pengelola air bersih di pulau Batam selama 25 tahun. Perusahaan tercatat sebagai perusahaan air bersih terbaik di Indonesia, dengan rata-rata kehilangan air hanya 14 persen, dan cakupan pelayanan mencapai 99,7 persen.

"Tim kami bekerja keras untuk menghasilkan semua pencapaian tersebut. Sekarang, tim serupa bergabung dalam tim Business Development ATB, dan siap membantu PDAM di seluruh Indonesia," paparnya.

Sejauh ini, sudah ada beberapa PDAM yang akan ditangani oleh tim BD ATB. Diantaranya adalah PDAM Tirta Kepri, PDAM Tirta Gemilang Kabupaten Magelang, dan sejumlah PDAM lain dari beberapa daerah di Indonesia.

"Kami akan berikan yang terbaik bagi PDAM yang ingin mendapat asistensi ATB. Kami siap melayani sepenuh hati," imbuhnya. (*)


Bagikan

RELATED NEWS