Tingkatkan Standar Pelayanan di Tol
JAKARTA - Jasa Marga Metropolitan Tollroad (JMT) meningkatkan standar pelayanan di beberapa ruas tol yang mereka kelola, terutama Ruas Tol JORR 1 (Seksi Ulujami-Pondok Pinang dan Seksi Taman Mini-Rorotan) serta Ruas Tol Pondok Aren-Ulujami. Upaya ini adalah bagian dari strategi perusahaan untuk memberikan kenyamanan berkendara yang lebih baik dan aman bagi pengguna jalan tol.
Dilansir dari siaran pers Jasa Marga, Rabu, 22 November 2023, Dalam menjalankan program peningkatan layanan, JMT fokus pada tiga aspek utama yaitu, layanan transaksi, lalu lintas, dan pemeliharaan jalan tol. Di bidang layanan transaksi, mereka telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk mempercepat transaksi di gerbang tol.
Salah satu langkah terpenting adalah peningkatan kapasitas transaksi dengan menambah unit Mobile Reader menjadi 34, mempercepat proses transaksi. JMT juga menerapkan sistem Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan efisiensi transaksi. Selain itu, ada peningkatan kapasitas transaksi melalui 25 Gerbang Tol yang dilengkapi dengan total 105 gardu operasi, termasuk 60 Gardu Tol Otomatis (GTO) Single dan 45 GTO Multi.
Dari aspek layanan lalu lintas, JMT memfokuskan perhatiannya pada keamanan dan pengawasan. Perusahaan telah memasang 18 unit Dynamic Message Sign (DMS) dan 5 unit lajur untuk meningkatkan pengaturan dan informasi pada akses jalan tol.
Sistem pemantauan lalu lintas juga ditingkatkan melalui pemasangan 1 speed camera dan 86 CCTV untuk memastikan pengawasan yang lebih baik terhadap arus lalu lintas. Upaya pemeliharaan keselamatan lalu lintas juga dilakukan dengan optimal melalui armada operasional sebanyak 27 unit.
Sementara itu, dalam bidang layanan konstruksi, JMT melakukan berbagai pekerjaan pemeliharaan seperti Pemeliharaan Periodik (Scrapping, Filling, dan Overlay) untuk mempertahankan kualitas permukaan jalan. Pemeliharaan Penerangan Jalan Umum (PJU) juga dijalankan agar kondisi penerangan jalan tetap optimal.
Di samping itu, JMT juga melakukan berbagai pekerjaan beautifikasi dan penataan lansekap, pemeliharaan rambu, Median Concrete Barrier (MCB) Guardrail, Reflector, perlindungan jalan tol, serta pembuatan tanggul dan saluran guna menjaga infrastruktur jalan tol tetap aman dan fungsional.
Langkah-langkah ini menegaskan komitmen JMT dalam memberikan layanan terbaik bagi para pengguna jalan tol. Dengan upaya ini, diharapkan pengalaman berkendara di jalan tol yang mereka kelola akan semakin aman bagi seluruh pengguna. (*)
