TNI AL Lengkapi Diri dengan Pesawat Tanpa Awak

Pratiwi - Senin, 21 Juni 2021 21:38 WIB
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono melioohat dari dekat pesawat tanpa awak milik Pusat Penerbangan A.ngkatan Laut. undefined

SURABAYA (sijori.id) - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-65 Penerbangan TNI AL, Senin (21/6/2021).

Pada kesempatan itu. ia juga meresmikan Skuadron Udara 100 serta Skuadron Udara 700 bertempat di Apron D Shelter Heli Skuadron 400 Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), Juanda, Surabaya.

Menurut Kasal perkembangan teknologi pertahanan era abad ke-21 terjadi secara cepat diantaranya quantum technology dan revolusi industri 4.0 yang menjadi faktor pendorong utama termasuk penggunaan wahana tanpa awak dan sistem otomasi serta intelijen buatan.

“Untuk itu penerbangan TNI AL harus bisa mengaplikasikan konsep network centric warfare dengan memanfaatkan keunggulan informasi guna meningkatkan daya tempur,” ujar Kasal

Selain modernisasi Alutsista, Kasal menekankan bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan keselamatan para awak penerbang AL merupakan hal yang utama dalam setiap gelar operasi.

“Kesiapan Alutsista penerbangan TNI AL harus disiapkan dengan benar yang didukung oleh manajemen operasional skuadron udara yang baik serta keunggulan SDM merupakan komponen penentu dari kemampuan Alutsista yang diawaki,” ujar Laksamana Yudo.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan bahwa Penerbangan TNI AL merupakan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang menjadi kepanjangan mata dan tangan dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yakni dengan memanfaatkan aspek kecepatan, manuver, serta efek pendadakan yang efektif di mandala operasi.

Upacara hari penerbangan TNI AL tahun ini diselenggarakan dalam rangka memperingati sejarah dan pengabdian penerbangan TNI AL selama 65 tahun, tepatnya pada tanggal 17 Juni 1956 lalu. Bertepatan dengan peringatan tersebut, diresmikan dua skuadron baru yakni Skuadron Udara 100 Anti Kapal Selam dan Skuadron Udara 700 Pesawat Udara Tanpa Awak.

Setelah pelaksanaan upacara, Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenasrti Ny. Vero Yudo Margono, para pejabat utama Mabesal serta para pimpinan kotama TNI AL berkesempatan untuk meninjau secara langsung Alutsista pusat penerbangan TNI AL serta menyaksikan demonstrasi udara PUTA / UAV (Unmanned Aerial Vehicle) tipe SE 01 (Sea Eagel) dan QM 3388A (PC21). (*)

Tags tni alBagikan

RELATED NEWS