TNI AU Bantu Lepasliarkan Harimau ke Taman Nasional Kerinci Sebelat

Pratiwi - Selasa, 02 Maret 2021 15:38 WIB
Ciuniang Nurantih kembali ke habitat. undefined

SUMBAR (sijori.id) - Helikopter TNI AU jenis SA-332 Super Puma, mengantar proses pelepasliaran Harimau Sumatera ke habitatnya di Taman Nasional Kerinci Sebelat, (TNKS) Sumatera Barat, Minggu (28/2/2021).

Harimau berjenis kelamin perempuan yang diberi nama Ciunang Nurantih ini baru selesai menjalani perawatan di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PR HSD) Sumatera Barat.

Helikopter Skadron Udara (Skadud) 6 Lanud Atang Sendjaja Bogor yang diterbangkan Letkol Pnb Akhmad Mauludin Mulyono ini, mengantar Ciunang Nurantih ke habitat aslinya di pinggiran danau Sakti TNKS untuk menjalani kembali hidupnya secara bebas.

Direktur YAD (Yayasan Arsari Djoyohadikusumo - pihak yang menginisiasi pelepasliaran harimau), Cartrini Pratihari mengatakan, penggunaan Helikopter sangat membantu proses pelepasan. Keberadaan helikopter tidak saja untuk mempersingkat translokasi perjalanan, tetapi juga sekaligus sebagai sarana observasi udara untuk meyakinkan bahwa lokasi pelepasan terjamin keamanannya, baik bagi satwa maupun masyarakat sekitar TNKS.

Untuk memantau pergerakan Ciuniang Nurantih, pihak PR HSD telah memasang GPS Colar pada hewan primata tersebut. Sehingga keberadaannya tetap terpantau oleh petugas. (*)

Bagikan

RELATED NEWS